PT. AUMM Akan Dioperasikan Lagi untuk Mengelola Migas

(FOTO: KM/ALI WAFA) AKAN DIHIDUPKAN LAGI: Pemkab Pamekasan akan menghidupkan kembali PT. AUMM yang fokus bergerak di bidang pengelolaan minyak dan gas (migas).

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan menghidupkan kembali PT. Aneka Usaha Mekasan Makmur (AUMM). Rencana tersebut sudah masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah.

Pihaknya saat ini tengah berkonsultasi dengan Biro Hukum Provinsi Jawa Timur. Jika usulan eksekutif tersebut mendapat rekomendasi dari Biro Hukum Provinsi Jawa Timur,  maka akan ditindaklanjuti sebagai program pembentukan peraturan daerah (propemperda) tahun 2022.

Namun, pihaknya menegaskan kepada Pemkab, bahwa untuk menghidupkan kembali PT. AUMM harus melalui kajian yang matang, agar tidak kembali dibekukan seperti yang terjadi pada tahun 2018. Sebab perusahaan pada tahun-tahun sebelumnya PT. AUMM kerap kali merugi.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pihaknya menekan Pemkab untuk merekrut direksi PT. AUMM secara keta. Tujuannya agar perusahaan pelat merah itu terkelola dengan baik. Menurut Wardah, direksi PT. AUMM harus memiliki kompetensi dan kompatibel.

“Tapi kami memberikan catatan, rekrutmen direksi nanti harus memilih orang yang tidak memiliki kepentingan pribadi,” ujar politisi Partai Nasdem itu.

Dijelaskannya, Pemkab mengusulkan perubahan Perda Nomor 8 Tahun 2010 tentang Perseroan Terbatas Aneka Usaha Mekasan Makmur. Sebab, untuk menghidupkan kembali PT. AUMM harus merevisi perda yang sudah ada. Pasalnya, PT. AUMM direncanakan tidak lagi bergerak di bidang aneka usaha, melainkan fokus bergerak di bidang pengelolaan minyak dan gas (migas).

“Rencana ini juga cukup bagus. Karena Pamekasan juga memiliki potensi migas yang harus dimanfaatkan,” terang Wardah.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan