oleh

PTSL di Bangkalan 2020 Hanya Sasar 19 Desa

Kabarmadura.id/Bangkalan-Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini hanya akan menyasar 19 desa, di 7 kecamatan. Kecamatan tersebut yakni Konang, Geger, Sepulu, Galis, Tanah Merah dan Kokop.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Pertanahan Bangkalan Moh.Yusuf. Menurutnya, tahun 2020 target pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Bangkalan mencapai sekitar 40.000 bidang tanah. Hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat agar memiliki sertifikat tanah.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menjelaskan, program PTSL merupakan sarana pemerintah untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada masyarakat pemilik tanah. Menurutnya, dengan adanya sertifikat tanah yang sah akan menghindari terjadinya sengketa serta konflik hukum.

“Selain itu penerbitan sertifikat ini juga menjadi media dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena dapat dijadikan sebagai modal pendamping bagi usaha masyarakat,” terangnya.

Program ini sendiri merupakan program dari pusat. Untuk itu dirinya meminta agar semua lapisan memberikan sosialisasi sebagai langkah awal. Ini juga merupakan langkah awal untuk memberikan pengarahan terhadap seluruh lapisan aparatur daerah, sehingga nantinya prosedur program PTSL lebih dipahami oleh masyarakat dan petugas yang membantu di lapangan.

“Untuk masyarakat yang masih belum memiliki sertifikat terhadap hak kepemilikan tanah, maka bisa didaftarkan melalui program PTSL,” tandasnya.

Perlu diketahui, pada tahun 2019 sendiri ada 65 ribu bidang tanah yang masuk program PTSL ini. Sedangkan dari 65 ribu bidang tanah tersebut menyasar 21 desa yang ada di Bangkalan. Artinya, tahun ini ada penyusutan 25 ribu bidang tanah yang masuk program PTSL. (ina/pai)

Komentar

News Feed