oleh

PU Cipta Karya Sumenep Tidak Dapat Jatah  BSPS

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Dinas PU Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PU PRKP dan Cipta Karya) Sumenep, dipertanyakan. Sebab, sampai saat ini program tahunan itu belum ada kejelasan.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas PU PRKP dan Cipta Karya) Sumenep, Benny Irawan menyampaikan, pihaknya sengaja tidak melakukan pengajuan tentang program yang disediakan oleh pusat. Sebab program tersebut berbasis jaringan.

“Biasanya kami selalu dapat, tapi tahun ini masih belum ada kabar, itu berbasis koneksi di pusat, ada teman-teman di pusat yang sering mengasih jatah bantuan swadaya itu ke Sumenep,” katanya.

Benny menambahkan, meskipun tahun 2019 Sumenep mempunyai jatah yang cukup banyak, yaitu 1.530 tahun 2020 hanya mendapatkan 650 rumah yang bersumber dari dana pusat, dan tahun ini masih nihil.

Program BSPS prosesnya lebih mudah dengan program rumah tidak layak huni (RTLH). Sebab pihaknya jika ada jatah hanya tinggal mengajukan, dan untuk pekerjaannya langsung dipantau dari pusat.

“Kami berharap tetap dapat, selain menambah dari RTLH yang bersumber dari bantuan yang didanai daerah Sumenep sendiri,” imbuhnya.

Program BSPS tersebut, walaupun jumlahnya tidak ada kepastian untuk tahun ini, biasanya untuk teknis pengerjaannya sama. Dengan besaran anggaran Rp17.500.000, untuk pengadaan material Rp15 juta, sisanya untuk ongkos tukang.

“Tapi yang Rp15 juta tidak langsung cair sekaligus, masih ada target pembangunan yang sudah berjalan. Tapi insyaallah akan tepat waktu,” pungkasnya. (ara/mam)

Rincian Program BSPS

-Berbasis jaringan, sehingga Dinas PU PRKP dan Cipta Karya Sumenep tidak bisa memberikan kejelasan soal jatah jumlah penerima BSPS tahun ini.

Tahun 2020  mendapatkan jatah program BSPS 650 rumah.

-Teknis pengerjaan dengan besaran anggaran Rp17.500.000, untuk pengadaan material Rp15 juta, sisanya untuk ongkos tukang.

-Dinas PU PRKP dan Cipta Karya Sumenep tahun ini optimis dapat jatah program BSPS. Karena hal itu program tahunan.

Komentar

News Feed