PU PRKP dan CK Sumenep Berharap Menghasilkan RAD AMPL yang Maksimal

  • Whatsapp
(FOTO: BENNY IRAWAN FOR KM) DIDISKUSIKAN: PU PRKP dan CK Sumenep gelar review Dokumen Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD AMPL) 2019-2023.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas PU Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRKP dan CK) Sumenep menggelar Workshop Review Dokumen Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD AMPL) 2019-2023.

Kegiatan itu untuk penyusunan dokumen dalam rangka memperkuat kapasitas Pemkab Sumenep dalam melaksanakan mandatnya pada pengelolaan pembangunan air minum, dan sanitasi skala kabupaten menuju 100 persen akses.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman PU PRKP dan CK Sumenep Benny Irawan menjelaskan, workshop review dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan urusan wajib untuk bidang AMPL.

Benny menjelaskan, RAD AMPL berfungsi sebagai instrumen pengembangan kapasitas pelayanan air minum dan sanitasi yang menerapkan pendekatan berbasis masyarakat. Selain itu,  pendekatan kelembagaan serta instrumen operasional kebijakan pengembangan pelayanan air minum dan sanitasi jangka menengah daerah selama 5 tahun.

Secara umum, penyusunan RAD AMPL terdiri dari beberapa tahap, di antaranya harus melakukan persiapan penyusunan, tahap perumusan substansi rancangan, tahap penyajian rancangan, tahap penyusunan rancangan akhir dan tahap pengesahan.

“Dalam penyusunan review RAD AMPL mengacu pada juknis dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) tentang penyusunan pelaksanaan dan pemantauan program pamsimas tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, RAD AMPL berperan sebagai rencana pengembangan kapasitas daerah untuk perluasan program pelayanan AMPL serta pengadopsian pendekatan AMPL berbasis masyarakat.

Selanjutnya, menjadi acuan bagi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggung jawab untuk bidang AMPL, dan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan program AMPL.

“Harapannya review RAD AMPL ini dapat digunakan untuk mendesiminasi tahapan review dokumen RAD-AMPL, sekaligus meng-update kebutuhan dan rencana pengembangan AMPL di Kabupaten Sumenep untuk diintegrasikan dalam kebijakan daerah,” pungkasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *