oleh

Puasa Membuat Manusia Mengasah Rasa Sosial terhadap Sesama

KABARMADURA.ID-  Berkah bulan suci Ramadan di setiap pandangan umat Islam tentu memiliki keunikan dan keistimewaan yang berbeda. Menjalani hari yang tidak bebas seperti biasanya, harus menahan diri dan menjaga agar ibadah puasa tetap mendapatkan pahala yang berlimpah.

Menekuni ibadah puasa bagi umat muslim tentu memiliki manfaat, baik untuk pribadi, juga untuk lingkungan sosial. Dengan merasa berada di bulan yang mulia dan dijanjikan mendapat pahala yang berlimpah dan berlipat. Sehingga setiap muslim seolah merasa tertarik untuk berlomba untuk beribadah.

Hikmah Ramadan menjadi salah satu kesempatan untuk diri agar memiliki keinginan lebih, untuk beribadah lebih banyak dari bulan biasanya, juga memberi lebih banyak dari yang sebelumnya. Mungkin kita seolah sudah meyakini, bahwa kita akan dapat pahala yang lebih banyak.

Sedangkan manfaat lainnya adalah untuk kehidupan sosial, beribadah puasa membuat bisa lebih merasakan bagaimana kehidupan masyarakat yang sebelumnya harus berpuasa, atau yang memang tidak mampu merasakan nikmatnya makanan pada hari biasanya.

Kita yang biasanya jarang merasa lapar, sekarang kita harus berpuasa dan merasakan bagaimana menjadi mereka.

Selain itu di tengah wabah Covid-19, ibadah menjadi lebih tertutup, selain memang karena menaati peraturan pemerintah, juga didukung dengan ibadah puasa, yang membuat masyarakat dan umat Islam lebih terjaga dan lebih berhati-hati melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Bagi saya, puasa di masa pandemi ini lebih membuat ibadah kita lebih tertutup dan tidak diketahui banyak orang.

Berbagai kegiatan terus digalakkan, demi memperbanyak kesempatan mendapatkan pahala, serta berlomba memberikan manfaat terhadap orang-orang yang berada di sekeliling kita.

Saya rasa semua orang antusias, baik untuk menebarkan kebaikan dan memperbanyak ibadah.

Komentar

News Feed