oleh

Pulang dari Malaysia, 54 TKI Asal Bangkalan  Diminta Isolasi Mandiri

Kabarmadura.id/Bangkalan-Puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri diminta isolasi mandiri. Para TKI itu merupakan tenaga kerja yang sudah puluhan tahun bekerja di negeri Jiran. Mereka terpaksa pulang kampung karena sudah kehabisan bekal.

Berdasarkan pantauan langsung Kabar Madura, sebelum dikembalikan ke kampung halamannya, puluhan TKI ini dilakukan pemeriksaan suhu badan, sejumlah barang bawaanyan disemprot dengan disinfektan.

Dari sekian pemeriksaan yang dilakukan tim medis, para puluhan TKI itu dinilai masih aman, karena suhu tubuh di bawah rata-rata gejala Covid-19.

Ahmad, TKI asal Klampis  menuturkan, bahwasannya di Malaysia saat ini sedang lockdwon, sehingga kondisi itu membuat banyak TKI ingin pulang  ke rumahnya masing masing.

“Malaysia sedang lockdwon, di sana kebutuhan pokok sangat sulit apalagi pekerja sepeti saya untuk memenuhi kebutuhan hidup harus  pakai uang simpanan,” tuturnya, Rabu malam, (15/4/2020).

Sedangkan staf  UPT LAAJ  Terminal Bangkalan Slamet Rahman mengatakan,  ada sekitar 54 penumpang yang semuanya merupakan TKI yang bekerja di Malaysia.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan dinasnya, sebagian para TKI berasal dari Kecamatan Gegger, Klampis, Burneh, dan Tanjung Bumi, Bancaran, Kamal, serta Kwanyar.

“Untuk memastikan para pemudik yang dari Malaysia terkena virus, setiap bus yang datang dari luar Madura langsung diperiksa, dan setiap penumpang dicek suhu tubuhnya dengan termogan,” paparnya.

Apabila, ada salah satu penumpang yang suhunya di atas 37,2 Celcius,  maka langsung dikarantina di tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Dikatakan Slamet, suhu tubuh  penumpang yang datang dari Malaysia ke Madura dinilai aman. Sehingga tidak perlu ada penangan khusus, namun pihaknya tetap waspada dan mengantisipasi dengan melakukan penyemprotan terhadap barang bawaan TKI.

Hal senada disampaikan salah seorang tim medis, Yoyok, penyemprotan disinfektan kepada semua penumpang maupun barang. Selain itu pengecekan suhu merupakan persyaratan wajib kepada TKI. Jadi semua penumpang diperiksa sebelum dipastikan pulang ke kampung halamannya.

‘TKI yang datang dari Malaysia suhu tubuhnya sangat normal sehingga bisa langsung pulang dan dianjurkan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari,” tukasnya.(sae/mam)

 

Komentar

News Feed