Pulihkan Sektor Perekonomian Melalui Pertanian, Peran Aktif Dipertahutbun Bangkalan Harus Optimal 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) Rokib-Ketua Komisi B DPRD Bangkalan 

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Ketersediaan sektor pertanian perlu mendapat perhatian serius. Sebab, sektor tersebut bisa dijadikan sebagai medan untuk memulihkan perekonomian masyarakat. Namun perlu adanya keseriusan pembinaan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun). Hal ini diungkapkan Komisi B DPRD Bangkalan Rokib, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, sektor pertanian bisa menjadi penopang dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat akibat wabah Covid-19. Sehingga Dispertahutbun harus hadir dan menggerakkan sektor pertanian. Sebab sektor pertanian sangat bisa diandalkan untuk memulihkan kondisi ekonomi masyarakat yang kian terpuruk akibat pandemi yang berkepanjangan.

“Sektor pertanian bisa jadi penopang pemulihan ekonomi, jadi harus ada upaya dari dinas terkait dalam meningkatkan hasil panen dan pembinaan kepada petani,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, Bangkalan sebagai kabupaten yang bercorak agraris. Sehingga bisa memiliki ikon produksi pertanian yang sekaligus sebagai penopang ketahanan pangan untuk masyarakat. Sebab jika dilihat dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk, pemulihan ekonomi masyarakat  akan terwujud. “Sebagian besar di daerah ini merupakan pertanian, jadi harus dimaksimalkan. Sebisa mungkin harus ada ikon tersendiri khas hasil pertanian yang menonjol untuk dipasarkan,” jelasnya.

Dia menegaskan, berbagai upaya memang harus dilakukan oleh Dispertahutbun untuk membuat ikon khas pertanian di daerah. Langkah itu bisa dimulai dengan menggerakkan sektor pertanian melalui peran aktif dari pembinaan petani. Pemerintah juga harus memberi kemudahan berusaha bagi petani dari sektor hulu hingga pengolahan produk pertanian. 

“Harus dimulai dengan kemudahan dan memfasilitasi dalam proses perizinan usaha mikro kecil menengah (UMKM) seperti pangan industri rumah tangga. Ini harus bisa dilakukan dinas terkait, harus bersinergi,” tegasnya. 

Reporter: Fain Nadofatul M. 

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *