Puluhan Kios Dialihkelolakan kepada Disbudpar Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMK YAHYA) MENUNGGU: Pedagang kaki lima saat berjualan  di taman rekreasi kota (TRK) Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Sebanyak 30 kios yang dibangun oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Bangkalan dialihkelolakan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan. Sebab, lahan yang menjadi tempat baru bagi pedagang kaki lima (PKL) adalah taman rekreasi kota (TRK).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bangkalan Iskandar Ahadiyat menyampaikan, kios yang sudah dibangun sebanyak 30 kios itu untuk relokasi PKL. Tetapi, karena lahannya berada di TRK, maka pengelolaannya dialihkan ke Disbudpar. “Di TRK ini kan memang pengelolaannya Disbudpar, jadi sekalian saya serahkan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dari 30 bangunan kios tersebut, 20 di antaranya untuk relokasi PKL dengan bentuk bangunan terbatas. Sementara itu, sisanya ditempati oleh PKL lain yang juga berada di area Stadion Gelora Bangkalan (SGB). “Memang saya lebihkan, untuk jaga-jaga para PKL agar bisa memilih,” ulasnya.

Pihaknya juga menegaskan, pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah bangunan yang akan dibangun. “Kami kan juga menyesuaikan anggaran, jadi tidak mungkin sengaja dikecilkan,” terangnya.

Ia berharap, kios yang dibangun dimanfaatkan sebagaimana mestinya. “Anggarannya habis Rp200 juta, Rp150 untuk kios, Rp50 juta untuk kios dari kontainer,” ulasnya.

Diskop UM juga menjelaskan, jika para PKL tetap menolak, maka nanti ketika ada kebijakan penggusuran untuk keperluan pertandingan Timnas U-20, pihaknya tidak lagi bertanggung jawab. “Kalau nanti ada penggusuran, saya tidak lagi bertanggung jawab,” pungkasnya.

 

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *