oleh

Punya Dana Perawatan Rp350 Juta, PJU Masih Tetap Banyak Rusak

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep sudah menganggarkan dana perawatan terhadap penerangan jalan umum (PJU). Namun, kondisi PJU masih belum sesuai harapan.

Dari 310 titik PJU yang dipasang di sepanjang jalan utama, dari Kecamatan Kota sampai Kecamatan Pragaan, tidak semuanya normal. Bahkan dikeluhkan masyarakat.

“Masak ini kan belum genap satu tahun pengerjaannya, kok sudah konsleting, lampunya itu hidup-mati, kayak lampu mainan. Itu sangat membahayakan kepada para pengendara motor atau mobil,” kata Junaidi salah satu warga Bluto.

Termasuk yang paling sering terjadi kerusakan PJU di daerah Kecamatan Saronggi. Terhadap kerusakan PJU, instansi terkait terkesan tidak merespon serius untuk melakukan perbaikan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Dishub Sumenep Edi Purwanto menyampaikan, bahwa untuk dana perawatan PJU sudah dianggarkan, yaitu sekitar Rp350 juta. Namun dana itu tidak hanya untuk di Kecamatan Kota Hingga Pragaan. Melainkan untuk PJU ke seluruh titik termasuk, di pelosok desa.

Sementara untuk kerusakan seperti konsleting, pihaknya memang mengakui, bahkan tidak hanya di daerah tersebut, tapi di daerah lain termasuk yang di area perkotaan sendiri juga kerap kali terjadi juga.

“Termasuk yang di dekat rumah dinas pak wabup juga. Itu persoalannya kadang tekanan yang lampu merkuri mengganggu, sehingga yang LED itu ikutan konslet,” ujarnya.

Sementara untuk perawatan PJU, meskipun ada anggaran, pihaknya masih melobi pihak ketiga untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

“Ada memang, tapi kami coba ke rekanan yang memang tender kemarin untuk memperbaiki masalah itu,” pungkasnyanya. (ara/ong)

Komentar

News Feed