Pupuk Subsidi untuk Pamekasan Dipangkas Hingga 50 Persen

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Pamekasan-Jatah pupuk subsidi untuk Kabupaten Pamekasan, resmi dipangkas. Pemangkasan itu berdasarkan surat keputusan (SK) nomor 188/22/432321/2020. Dalam SK itu, pemangkasan subsidi pupuk tembus hingga 50 persen.

Kepala Seksi (Kasi) Pupuk, Pestisida, Alat dan Mesin Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distan PHP) Pamekasan R Dedy Dwi Yudha Bakti mengungkapkan, jatah kuota pupuk subsidi tahun 2020 dari berbagai jenis pupuk berkurang berkisar 50 persen dari jatah 2019 lalu.

Kendati demikian, pihaknya mengaku akan menyiasati pemangkasan pupuk subsidi itu dengan menyiapkan pupuk non subsidi di masing-masing kios resmi. Hal itu untuk memberikan jaminan ketersediaan pupuk bagi petani di Pamekasan.

Dedy menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti alasan mendasar pemangkasan subsid pupuk itu. Namun dirinya memastikan, pemangkasan kuota pupuk subsidi tidak hanya terjadi di Pamekasan, tapi juga di daerah lain di Jawa Timur.

“Alasannya dari kementerian, berdasarkan penghitungan panen dibagi delapan, jadi sekarang masih dibahas di DPR RI,” paparnya, Rabu (22/1/2020).

Dengan pemangkasan kuota pupuk subsidi itu, pihaknya memastikan kekurangan kuota pupuk di wilayahnya akan mengalami kekurangan hingga 50 persen. Kendati demikian, pihaknya mengaku akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, agar kuota pupuk bersubsidi di Pamekasan bisa ditambah.

“Kami berharap dari kementerian akan memberikan cadangan pupuk,” harapnya. (rul/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *