oleh

Puskesmas Kedungdung Grebek Pasar Cegah Covid-19

Kabarmadura.id/Sampang-Pusat Kesehatan Masyarakata (Puskesmas) Kedungdung, menggelar kegiatan grebek pasar untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Grebek pasar itu dilakukan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus.

Kepala Puskesmas Kedungdung Zahruddin mengatakan, pasar merupakan tempat keramaian orang sehingga dengan mudah virus bisa menyebar. Selain itu, jika tidak segera diberi pamahaman terkait langkah-langkah penyebaran dan pencegahan virus tersebut, dikhawatirkan masyarakat tidak mengetahui tata cara pencegahan covid-19 tersebut.

“Sosialisasi pencegahan covid-19 akan terus dilakukan hingga ancaman wabah tersebut bisa teratasi,” ungkapnya, Rabu (25/3/2020).

Selain memberikan pemaham terkait penyebaran virus corona, pihaknya mengaku juga memberikan pemahaman untuk cara pencegahan penyebaran covid-19, dengan cara demo pembuatan desinfektan.

“Selain sosialisasi penyebaran virus corona, kami juga ajarkan pembuatan desinfektan, dengan cara menyediakan bahan pemutih pakaian, air dan lysol (lysorin),” imbuhnya.

Dijelaskannya, adapun takaran untuk membuat cairan desinfektan, yaitu air 960 mililiter, pemutih pakaian sebanyak dua sendok dan lysol dua tutup botol. Kemudian bahan-bahan tersebut diaduk hingga merata. Selanjutnya tuangkan ke dalam alat penyemprot.

“Semprotkan pada titik-titik rumah yang beresiko penyebaran covid-19. Misalnya gagang pintu rumah atau alat-alat yang sering kita pegang,” terangnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Bahkan dirinya berpesan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah untuk sementara waktu, termasuk bepergian ke luar kota.

“Kalau ada keluarga atau kerabat dekat yang baru pulang dari luar kota atau luar negeri, silahkan dilaporkan ke puskesmas setempat,” tuturnya

Perlu diketahui, dalam kegiatan grebek pasar tersebut Puskesmas Kedungdung bekerjasama dengan forkopimcam, DKR, Karang Taruna, Pustu Banjar dan Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas).

Saat kegiatan berlangsung, petugas dari Puskesmas juga membagikan masker gratis kepada warga dan pengendara yang melintas di depan Puskesmas Kedungdung.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sampang Abd Hannan melalui Sekretaris Disperindag Barrul Alim mengatakan, langkah penutupan pasar tidak bisa dilakukan. Sebab menurutnya, jika terjadi penutupan pasar maka kegiatan perekonomian akan mandek.

Pihaknya menginginkan ekonomi di Kabupaten Sampang tetap berjalan seperti biasa, tidak terpengaruh dengan pandemic covod-19. Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi penyebaran virus covid-19 itu dengan berbagai langkah pencegahan.

“Langkah-langkah untuk pencegahan penularan virus tetap kami lakulan, salah satunya menyediakan tempat cuci tangan dan penyemprotan desinfektan,” ungkapnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed