Puskesmas Kedungdung Sigap Cegah Virus Corona

  • Whatsapp
(KM.JAMALUDDIN) KONSEP KEGIATAN : Puskesmas Kedungdung menyiapkan konsep pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kabarmadura.id/Sampang-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kedungdung, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, menggelar rapat untuk mengkonsep kegiatan cegah virus corona.

Dalam gelaran rapat tersebut, dihadiri oleh dewan kesehatan rakyat (DKR), karang taruna (Katar), Germas, Kapolsek tim cegah corona dan Kepala Puskesmas Banjar, untuk saling memberikan masukan terkait pencegahan wabah Covid-19 tersebut.

Kepala Puskesmas Kedungdung Zahruddin mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan banyak pihak untuk menyamakan persepsi, serta menekan kepanikan masyarakat dalam menghadi wabah virus corona.

Bahkan pihaknya juga melibatkan organisasi kepemudaan, untuk meberikan pemahaman terkait pencegaham virus corona, sehingga nantinya pada kaum muda juga bisa mengaplikasikan di desa masing-masing.

“Kami sengaja melibatkan organisasi kepemudaan agar nanti usai deberi pembelajaran ia bisa mengaplikasikan di desa masing-masing,” ungkapnya, Minggu (22/3/2020).

Tidak hanya itu, dengan inisiasi beberapa kegiatan yang sudah direncanakan dari berbagai istansi, pihaknya juga mengkampanyekan hidup sehat dan bersih pada masyarakat, termasuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga jarak duduk, dan memasang tempat cuci tangan di pintu masuk pelayanan.

Untuk menyebarluaskan gerakan lawan virus corona itu, pihaknya juga tengah menyiapkan video pendek yang akan disebarkan melalui media sosial, tentang tata cara melakukan pencegahan penyebaran virus corona, tentunya dengan melibatkan instansi pemerintahan.

“Agenda pertama kami membuat video pendek yang akan disebarkan melalui media sosial, yang di dalamnya berisi bahasa sederhana tentang pencegahan penularan virus cornan agar mudah dipahami,” imbuhnya

Selain menggalakkan sosialisasi, Senin (23/3/2020) (hari ini, red), pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat pelayaman, termasuk juga masjid-masjid yang ada di pelosok, sesuai dengan petunjuk dari pemerintah kecamatan.

Selanjtukan, pada Selasa (24/3/2020), pihaknya akan menggrebek pasar-pasar untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya serta langkah-langkah pencegahan virus corona pada para pedagang.

Dirinya berharap, masyarakat tidak sungkan untuk melaporkan kondisi kesehatannya. Selain itu dirinya juga berharap masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat, untuk mencegah virus corona.

“Di kegiatan itu akan disampailan camat, danramil, kapolsek, katar, DKR dan organisasi kepemudaan lainnya,” tutupnya. (mal/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *