Puskesmas Pamekasan Sasaran BLUD Alami Kekurangan SDM

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Pamekasan-Puskesmas Teja merupakan salah satu sasaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang saat ini masih tahap perbaikan dan pengajuan. Sayangnya puskesmas tersebut jauh dari kata ideal, sebab, sampai saat ini masih terdapat pegawai yang merangkap jabatan.

Kepala Puskesmas Teja Pamekasan Nanang mengakui hal tersebut. Pihaknya mengatakan, tantangan untuk menjadi puskesmas BLUD cukup berat, diantaranya belum terpenuhinya standar kepegawaian.

Menurutnya, ketersediaan SDM di Puskesmas Teja masih sangat terbatas, terdapat beberapa petugas yang saat ini harus merangkap jabatan guna menutupi kekurangan SDM tersebut.

“Itu yang menjadi tantangan kami yakni rangkap jabatan atau rangkap Program,” Katanya, Minggu (7/7)

Nanang menyebut, SDM yang merangkap jabatan, di antaranya tenaga gizi karena tidak punya tenaga yang untuk sementara dirangkap oleh tenaga medis lain. Kemudian tenaga medis menggunakan staf yang tidak sesuai dengan ijazahnya. Serta tenaga apoteker hanya punya staf apoteker.

Nanang melanjutkan, akhir-akhir ini ada wacana untuk rekrutmen yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), yakni dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan pihak puskesmas belum melakukannya, akibat belum diterbitkannya juklak dan juknis dari tingkat II.

“Kita sudah melakukan pengajuan tenaga medis pada Dinas Kesehatan Pamekasan insyaallah sudah diproses,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Farid Anwar menyebut, semua puskesmas saat ini masih taraf mempersiapkan BLUD yang nantinya bakal disempurnakan sesuai persyaratan yang berlaku.

Mengenai pengajuan tenaga-tenaga medis Farid menyebut, di berbagai puskesmas sudah diproses untuk melakukan penambahan SDM. Bahkan, sebagian sudah ada yang diajukan, supaya tenaga medis di puskesmas juga memenuhi standar.

“Kami terus genjot demi keberlangsungan puskesmas yang berkualitas hingga menjadi BLUD,” pungkasnya. (km45/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *