oleh

Puting Beliung Mengamuk, Pemkab Sumenep Kekurangan Relawan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Tidak habis seminggu pasca kejadian angin puting beliung menyapu rumah warga di dua kecamatan di Sumenep, kini kembali terjadi angin kencang disertai hujan deras pada Rabu (13/3). Itu di titik yang berbeda, yakni di jantung kota Kabupaten Sumenep.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) R. Abd. Rahman Riadi membenarkan banyaknya pohon di sejumlah titik yang tumbang.

“Ya, kami sekarang sudah bersama tim. Sekitar 12 tim yang sudah terjun ke lapangan. Kami memindahkan pepohonan yang berada di Jalan K Mansur,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Kabar Madura saat berada di lapangan, jumlah tim yang diturunkan cukup kewalahan dan jumlahnya sedikit. Sehingga, tidak hanya tim yang ikut membantu memindahkan pepohonan, masyarakat sekitar turut berbondong-bondong mebersihkan jalan.

“Kami hanya menemukan data 2 korban jiwa luka-luka akibat pohon tumbang itu. Sudah dibawa ke rumah sakit, 2 sepeda motor rusak, 25 rumah mengalami kerusakan, dan 8 pohon tumbang,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan BPBD adalah dengan membersihkan dan memotong pohon yang tumbang. Sehingga, arus lalu lintas lancar kembali normal dan mengevakuasi korban ke rumah sakit.

“Untuk data yang kami kumpulkan ada empat, tetapi pohon tumbang yang menutupi jalan dan diameternya cukup besar berada di Jalan K. Mansur itu,” katanya.

Pihaknya juga membenarkan adanya perumahan dan pertokoan yang terkena tumbangnya pohon.

“Data riilnya, kami masih merekap dan mengobservasi. Jadi, kami hanya masih membantu untuk sejumlah pepohanan yang menghadang jalan itu,” ucapnya. (mun/nam)

Data Korban dan Kerusakan Akibat Angin Kencang dan Hujan Deras

  1. Kendaraan : 2 buah rusak
  2. Rumah : 25 Rumah Rusak
  3. Pepohonan : 8 pohon tumbang
  4. Korban : 2 orang luka-laka

Sumber: BPBD Kabupaten Sumenep

Komentar

News Feed