oleh

Puting Beliung Sapu Rumah Warga Dua Kecamatan

Kabarmadura.id/SUMENEP– Kabupaten Sumenep kembali ditimpa musibah. Kali ini Angin puting beliung menyapu rumah warga di dua kecamatan, yakni Kecamatan Lenteng dan Kecamtan Saronggi. Fenomena alam tersebut terjadi pada hari Ahad 10 Maret 2019 sekitar pukul 13.00 Wib.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Binaan Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Abdul Malik menjelaskan, ada 75 rumah yang mengalami kerusakan di dua kecamatan tersebut.

“Di Desa Talang dan Desa Kambingan Kecamatan Saronggi ada 23 rumah yang rusak. Sementara di Desa Pore dan Desa Tarogan Kecamatan Lenteng ada 52 rumah yang rusak,” ujarnya usai turun ke lokasi.

Menurutnya, hanya ada satu korban yang mengalami luka ringan dari kejadian tersebut, sementara untuk korban lainya tidak ada.

“Hanya ada satu warga yang mengalami luka ringan dari kejadian itu, tentu besok (hari ini, red.) akan turun kembali untuk menindaklanjuti,” ujarnya.

Ada 25 tim tagana yang diturunkan ke dua kecamatan tersebut untuk membantu warga yang sedang ditimpa puting beliung tersebut.

Salah satu warga Desa Tarogan Kecamatan Lenteng, Usman Ali Candra menjelaskan pihaknya mengaku sangat prihatin atas musibah yang menemipa rumah tetangganya, sehingga ia mementa pemerintah lebih pro aktif dan memberikan bantuan pada warga yang tertimpa musibah itu.

“Kami hanya butuh langkah konkret dari pemerintah, entah bantuan atau semacamnya, dan yang turun pada waktu itu kami jumpai ada aparat desa, tim tagana, polsek dan koramil” ujar warga setempat itu.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Sumenep Zulkarnaen mengatakan,  pihaknya mengaku bahwa untuk anggaran bantuan bencana alam sudah berada di Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep sehinga pihaknya mengaku siap akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Ya, Kami tahu kejadian itu, kami sudah ngirim tim ke sana untuk memastikan kejadian tersebut, dan kami akan koordinasi dengan BPPD Sumenep,” tuturnya. (mun/pai)

JUMLAH KERUSAKAN

  1. Kecamatan Saronggi : 23 Rumah Rusak
  2. Kecamatan Lenteng : 52 Rumah Rusak
  3. Luka ringan : 1 orang

Tim yang ikut membantu

  1. Tagana yang diturunkan : 25 orang
  2. Aparat Desa setempat
  3. Koramil Setempat
  4. Kepolisian setempat

Komentar

News Feed