PWI-BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan Bersinergi, Komitmen Berikan Perlindungan Sosial Bagi Pekerja

(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) SOLUTIF: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan komitmen memberikan perlindungan sosial bagi pekerja.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Demi menjamin para pekerja di daerah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) di Aula Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Senin (14/2/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri organisasi perangkat daerah (OPD) dan wakil rakyat. Masing-masing, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), anggota Komisi IV DPRD Pamekasan, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Pendma), Kepala Sub Bagian (Kasubag) Bina Mental dan Spiritual Setkab Pamekasan, Polres serta wartawan yang tergabung di PWI.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan Indra Fitriawan mengatakan, dalam mendorong terjaminnya para pekerja rentan perlu pendampingan dan ikhtiar dari semua pihak. Sebab resiko sosial bagi pekerja tidak bisa ditebak kejadiannya. Sehingga dengan adanya jaminan sosial, para pekerja diharapkan tidak beralih menjadi keluarga prasejahtera.

Bacaan Lainnya

“Jangan sampai parta pekerja rentan ini,anak-anaknya terdampak. Karena secara umum, sudah ada jaminan kesehatan,” ujarnya.

Dia mengaku, pertama kali mengikuti FGD tentang jaminan sosial. Sebab di daerah yang identik dengan slogan Gerbang Salam masih ada 20 ribu pekerja hingga 30 ribu pekerja rentan atau tidak memiliki perlindungan. Sehingga kondisi tersebut cukup menjadi perhatian untuk dicarikan solusi bersama.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pengurus PWI Pamekasan yang sudah menjadi bagian dalam memberikan motivasi bagi para pekerja rentan atau belum memiliki perlindungan kerja. Semoga dengan adanya kegiatan ini, nantinya semua persoalan tentang resiko sosial bisa terurai,” harapnya.

Sementara itu Ketua PWI Pamekasan Tabri S. Munir menuturkan, melalui kegiatan tersebut mampu mendorong pemerintah agar benar-benar serius memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama jaminan sosial bagi para pekerja. Apalagi, selama ini banyak masyarakat masih kebingungan dengan berbagai program di BPJS Ketenagakerjaan.

“Kegiatan ini sebagai pemicu awal kepada pemangku kebijakan. Baik Pemkab Pamekasan maupun Kemenag. Jadi Kami hanya menyampaikan fakta untuk mendorong terjaminnya pekerja rentan. Karena masih banyak masyarakat belum mengetahui secara khusus manfaat memiliki jaminan sosial,” tegasnya.

Sekedar diketahui dalam kegiatan FGD tentang Jaminan Sosial Bagi Kelompok Pekerja Rentan , PWI Pamekasan mendaftarkan 12 anggota ke BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto ikut serta menyumbang pendaftaran sekaligus menanggung iuran selama tiga bulan. (*)

Reporter:  Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.