oleh

PWI Rayakan Malam Puncak HPN ke 75 dengan Berbagai Lomba Bermanfaat

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Kegiatan malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang ke 75 di Kabupaten Sampang cukup meriah. Dengan mengusung tema Sinergitas Kuat untuk Sampang Hebat Bermartabat , kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Trunojoyo, Minggu (28/2/2021).

Beberapa rentetan acara di HPN cukup menyemarakkan kegiatan. Seperti, lomba pelayanan desa, kecamatan, organisasi perangkat daerah (OPD), billiard serta olahraga bersama forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda).

Bahkan, pemberian penghargaan berupa apresiasi kepada pemenang lomba Qiroatul Qur’an Internasional. Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati (Wabup) H. Abdullah Hidayat kompak hadir dalam kegiatan tersebut.  Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Yuliadi Setiyawan, Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Camat, Kepala Desa, Ketua PWI Jatim, serta undangan lainnya.

Ketua PWI Kabupaten Sampang, Fathor Rahman mengatakan, kegiatan malam puncak HPN ke 75 tahun 2021 sekaligus berdirinya organisasi PWI, acuannya untuk menjaga sinergitas hubungan antara pemerintah desa dan daerah. Menurutnya,  kondisi tersebut sesuai dengan tema yang disepakati bersama.

Sehingga, melalui tingkat kecamatan  digelar lomba-lomba dari segi pelayanan dan kebersihan. Hal itu, agar kecamatan benar-benar membina dan mengayomi seluruh desa di masing-masing kecamatan. Utamanya, mengenai inovasi dari desa setempat. “Sesuai dengan tema Sinergitas Kuat untuk Sampang Hebat Bermartabat kami adakan lomba terkait pelayanan publik di desa maupun kecamatan, yang merupakan inovasinya, dan lomba kebersihan tingkat kecamatan,” ujarnya, Senin (01/3/2021).

Pihaknya menjelaskan, pelayanan publik tingkat desa yang dimaksud yakni, bagi desa yang memiliki balai diharapkan agar dimanfaatkan. Namun, untuk desa yang tidak memiliki balai, mampu berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat. Seperti, menyewa atau mengontrak tempat yang dilengkapi dengan fasilitas.

“Tujuan kami, agar masyarakat tidak kebingungan mencari pelayanan pemerintahan melalui kades di masing-masing desa. Jadi itu tujuan kami,” jelasnya.

Sedangkan mengenai penghargaan, sebagai prestasi untuk memicu semangat dari seluruh kades, agar desa tersebut terbangun mandiri, dengan cara menekan para badan usaha milik desa (BUMDes). Selain itu, sebagai acuan dua tahun kepemimpinan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi. Menurutnya, dari desa dan kecamatan harus saling jemput bola.

Sehingga, desa yang tidak mampu sumber daya manusianya (SDM) bisa meminta pembinaan ke kecamatan, dan sebaliknya kecamatan harus melakukan pemantauan. Sebab, ketika ada desa yang lemah, atau tidak maksimal dalam memberikan pelayanan kepada publik bisa dibantu melalui pembinaan secara optimal.

“Tingkat kecamatan, kami mengadakan lomba sebagai partisipasi desa terbanyak dalam mengikuti lomba. Kemudian, lomba tingkat kebersihan perkecamatan, agar setiap publik yang ingin mendapatkan pelayanan lebih nyaman dan betah. Jadi, semuanya ini untuk membangun Sampang lebih baik, dari pelayanan hingga ke Infrastruktur,” tuturnya.

Kendati demikian, pada momentum HPN ke 75 atau hari lahirnya PWI, peran dari insan pers harus ditingkatkan. Sehingga, tidak hanya mengkritik, tetapi juga memberikan solusi, bahkan memberikan edukasi positif kepada masyarakat setempat. Sebab, salah satu tugas dari insan pers memberikan pendidikan kepada generasi bangsa.

“Peran penting pers jadi beban kami bersama, sehingga dengan inovasi pelayanan kami berharap dari insan pers sendiri saling membangun, saling mengontrol. Artinya tidak hanya mengkritik, tetapi juga ada kontribusi berupa solusi untuk masyarakat,” pungkasnya. (mal/ito/*)

Komentar

News Feed