oleh

Ra Hasani Dorong Menag RI Segera Pastikan Protokol Lebaran

Kabarmadura.id-Kementerian Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) baru merilis hasil rumusan protokol kesehatan untuk menjalankan Hari Raya Idul Adha, Selasa (30/6/2020). Pasalnya, lebaran tersebut bakal dihelat akhir Bulan Juli ini.

Guna mengantisipasi membeludaknya pasien terinfeksi Covid-19 pasca-lebaran, Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) RI Ra Hasani Bin Zuber meminta Menag RI untuk gerak cepat dalam menyosialisasikan protokol kesehatan tersebut.

Di samping itu, wakil rakyat yang familiar disapa Ra Hasani itu juga meminta, Menag RI memastikan semua masjid yang menggelar Shalat Id untuk menerapkan formulasi yang sudah dirancang.

“Protokol kesehatan lebaran kurban sudah keluar. Sebenarnya, yang sulit itu bukan merancangnya, tapi memastikan semua masjid tahu protokol kesehatannya. Semua masjid menjalankan dengan benar protokol tersebut. Makanya, Menag RI harus segera menyosialisasikan dan memberi kepastian,” tegasnya kepada Kabar Madura, Kamis (1/7/2020) sore.

Di samping mendesak Menag RI, kader Partai Demokrat itu juga meminta Kantor Wilayah (Kanwil) Menag dan Departemen Agama (Depag) di masing-masing provinsi, kabupaten, dan kota ikut serta menyosialisasikan dan memantau pelaksanaannya.

Diketahui, ketentuan pelaksanaan salat Idul Adha 2020 ialah menyiapkan petugas melakukan sekaligus mengawasi di area tempat pelaksanaan, melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan. Selain itu, membatasi jumlah pintu  atau jalur keluar masuk tempat pelaksanaan guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, menyediakan fasilitas cuci tangan (sabun) dan hand sanitizer di pintu masuk, menyediakan alat pengecekan suhu (bagi jamaah yang lebih dari 37,5 dilarang mengikuti salat Id), dan menerapkan pembatasan jarak minimal 1 meter.

Selaim itu, mempersingkat pelaksanaan salat dan khatbah tanpa mengurangi syarat dan rukunnya, mengimbau untuk tidak Shalat Id bagi anak-anak ataupun jamaah lanjut usia, dan tidak menjalankan kotak amal untuk mewadahi sedekah.

Imbauan Jamaah

–           Dalam kondisi sehat

–           Membawa sajadah sendiri

–           Memakai masker

–           Menjaga kebersihan tangan

–           Menghindari kontak fisik

–           Menjaga jarak

Komentar

News Feed