oleh

Ra Hasani Dorong Tambahan Kampus Negeri Berbasis Islam di Madura

Kabarmadura.id/JAKARTA-Sejauh inihanya satu kampus negeri berbasis Islam di Pulau Madura, yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Saat ini, kampus yang beralamatkan di Jalan Raya Panglegur KM.04 Ceguk, Tlanakan, Pamekasan tersebut, kini sedang mengupayakan jadi universitas.

Menurut anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hadani bin Zuber, kampus negeri berbasis Islam di Pulau Garam ini harus bertambah. Dia memandang, kultur keislaman di Pulau Madura sangat kental.

Generasi muda di Madura juga banyak mengenyam pendidikan di pondok pesantren (ponpes). Sehingga ketika berkuliah, jenjang pendidikannya linier. Selain itu, tidak harus keluar dari pulau ini.

“Tentu berbeda dari kampus yang berbasis Islam dengan tidak. Di Madura itu banyak, tapi masih belum negeri. Kalau sudah negeri pengembangannya akan lebih pesat. Itu bagus bagi pelajar Madura,” ujarnya kepada Kabar Madura, Minggu (26/7/2020).

Legislator yang familiar disapa Ra Hasani ini berharap, mitra kerjanya, yaitu Kementerian Agama (Kemenag) RI bisa mendorong dan membantu kelancaran sejumlah kampus berbasis Islam yang masih berstatus swasta di Madura.

Kader Partai Demokrat itu juga mengimbau semua kampus swasta berbasis Islam di Madura untuk lebih semangat dan mempercepat pembenahan agar bisa segera bertransformasi ke kampus negeri.

Ra Hasani juga mendorong IAIN Madura untuk segera berstrasformasi ke Universitas Islam Madura (UIN) agar bisa lebih baik dark segi fasilitas dan kualitas.

“Saya dorong ada partisipasi aktif dari Kementerian Agama RI untuk hadir dalam hal ini. Kampus-kampus di Madura juga harus lebih mempercepat pengembangannya. IAIN juga harus sehera jadi UIN,” harapnya.

Sebelumnya, saat IAIN Madura memperingati hari jadi yang ke-54 tahun ini tengah menggaungkan persiapan menuju UIN Madura. Bahkan, Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim mengatakan, tengah mempersiapkan proposal untuk mewujudkan itu.

“Ini sedang dipersiapkan, tahun depan kalau sudah akan diajukan,” ujarnya. (idy/waw)

Komentar

News Feed