oleh

Rahasia Sukses PT 1001 Alami Jadi Perusahaan Rokok Terbaik

Berkontribusi Positif di Sisi Penerimaan Cukai

Kabarmadura.id-PT 1001 Alami kini menjadi perbincangan publik. Penghargaan prestesius baru saja diraihnya. Yakni, didaulat sebagai perusahaan rokok terbaik oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI). Apa rahasia di balik kesuksesan tersebut?

HAIRUL ANAM, PAMEKASAN

Berpusat di Desa Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan, PT. 1001 Alami menjadi industri manufaktur yang kini makin maju, sehingga keberadaannya cukup diperhitungkan. Pabrik pembuatan rokok tersebut menggunakan metode manual dalam keseluruhan produksinya; dimulai dari pelintingan hingga proses pengepakan.

Keberadaan PT. 1001 Alami sejauh ini membawa dampak positif bagi masyarakat. Mereka betul-betul terbantukan. Sebab, rekrutmen karyawannya berasal dari masyarakat sekitar. Muaranya, ribuan pengangguran terangkat derajatnya hingga memperoleh penghasilan. Yakni, dengan menjadi pekerja atau karyawan resmi di perusahaan yang didirikan H Badri tersebut.

Di samping berjasa besar dalam membuka lapangan pekerjaan, PT 1001 Alami juga dikenal sebagai perusahaan berkontribusi positif di sisi penerimaan cukai. Selain itu, juga dikenal memiliki kepatuhan yang tinggi dalam hal pelaporan.

Puncaknya, PT 1001 Alami meraih penghargaan sebagai perusahaan rokok terbaik 2018 dari Kementerian Keuangan RI.  Penghargaan diberikan melalui Dirjen Bea dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura.

Kepala Kantor Latif Helmi memberikan penghargaan tersebut kepada Direktur PT 1001 Alami Habiburrahman, SE. Itu berlangsung pada kegiatan Asistensi dan Pelatihan ExSIS/Sistem Aplikasi Cukai 3 di Aula Bea Cukai Madura, Jalan Panglima Sudirman Nomor 2 Pamekasan, Senin (8/07).

ExSIS adalah sistem aplikasi komputer berbasis website/internet yang dikembangkan DJBC untuk menjalankan proses bisnis di bidang cukai. Kelebihan ExSIS adalah otomasi dan penyederhanaan workflow, lebih user friendly, menu pencarian lengkap, dan fitur status P3C.

“Penghargaan yang diterima PT 1001 Alami tidak terlepas dari peran vitalnya berkontribusi dalam penerimaan cukai. Kriteria lainnya mengarah pada penilaian dari profil pengusaha rokok dan kepatuhan pelaporan yang lumayan bagus,” terang Latif Helmi kepada Kabar Madura, Selasa (9/7) kemarin.

Menurutnya, penghargaan diberikan kepada PT 1001 Alami berdasar hasil evaluasi selama tahun 2018. Tujuannya, guna memotivasi perusahaan rokok di Madura agar lebih baik sekaligus sebagai upaya untuk memberantas perusahaan rokok ilegal.

“Tentu juga untuk mendorong dan meningkatkan kontribusi penerimaan negara serta meningkatkan kepatuhan pengusaha rokok. PT 1001 Alami telah melakukan hal itu dengan sangat baik,” ungkap Latif Helmi.

Sementara itu, Direktur Utama PT 1001 Alami, H Badri mengaku sangat bersyukur atas penghargaan yang telah diraih oleh perusahaan yang telah dikelolanya. Selama ini pihaknya mengaku telah berusaha keras untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan perusahaan, termasuk taat terhadap segala aturan.

“Khususnya menyangkut cukai rokok. Bagi kami, penghargaan ini adalah sebuah motivasi untuk perusahaan. Yakni, agar terus memberikan yang terbaik dan tertib dalam melakukan penebusan cukai,” tegas H Badri.

Ke depan, H Badri berkomitmen akan terus berupaya agar perusahaan yang dikelolanya semakin maju dan menaati segala peraturan pemerintah.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada salah satu perusahaan rokok nasional yang memproduksi rokok linting dan filter. (nam)

Komentar

News Feed