Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama, DP3AP2KB Pamekasan Tegaskan Berkat Dukungan Seluruh Elemen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MEMBANGGAKAN: Pemkab Pamekasan berhasil meraih penghargaan KLA tingkat Pratama.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak serta Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pamekasan mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama. Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Ini berkat dukungan seluruh elemen untuk memenuhi 24 indikator yang menjadi penilaian dari pemerintah pusat,” tegas Kepala DP3AP2KB Pamekasan Yudistinah, Kamis (29/7/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk memenuhi 24 indikator, terangnya, memang sudah dipersiapkan secara maksimal, sehingga dari indikator tersebut dibagi menjadi 5 klaster hak anak. Selanjutnya, dinilai dari tim khusus secara virtual dari kementerian.

“Kelima klaster itu dinilai melalui aplikasi yang tersedia. Sebenarnya secara administrasi sudah mendapatkan nilai kurang lebih 900 sekian,” paparnya.

Yudistinah memerinci, lima klaster dari 24 Indikator meliputi hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan anak atas pendidikan, kreativitas dan budaya, dan perlindungan khusus, semisal ada sekolah ramah anak, lingkungan ramah anak, puskesmas ramah anak. Hal itu yang perlu diupayakan agar bisa terus terpenuhi dengan maksimal.

“Sebenarnya seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) harus terlibat di dalamnya, juga dari instansi kementerian agama (Kemenag) dan pengadilan agama mempunyai peranan suksesnya KLA,” ucapnya.

Atas raihan yang dicapai pada tahun ini, pihaknya berharap terus ada peningkatan agar bisa naik  peringkat KLA di tahun depan.

Atas hal itu, Yudistinah mengaku butuh sinergitas secara intens dari semua elemen untuk bisa bergandengan tangan mempertahankan KLA.

“Jadi tidak bisa hanya 1 OPD yang menangani. Perlu dukungan dari semua elemen,” tukasnya. (rul/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *