oleh

Rajin Mendongeng, Nayla Baddrut TamamKampanyekan Sadar Literasi Sejak Dini

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Kampanye literasi sejak dini terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan. Kegiata itu rutin dilakukan dalam rangka mewujudkan Pamekasan sebagai kabupaten literasi.

Impian tersebut dikemas dengan berbagai bentuk kegiatan, salah satunya mendongeng. Seperti yang dilakukan oleh Istri Bupati PamekasanBaddrut Tamam, Nayla Baddrut Tamam.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pamekasan ini rutin mendongeng kepada siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sumber Anyar Pamekasan.

“Anak-anak menjadi harapan kami, karenayang akan meneruskan langkah Pamekasan ke depan. Pengenalan literasi melalui dongeng ini menjadi salah satu yang kami kampanyekan, agar menumbuhkan minat baca anak, serta menjadi pelopor literasi di masa mendatang;” paparnya. Senin (20/7/2020).

Dikenal sebagai Bunda PAUD, Nayla selalu memberikan inovasi dalam mewujudkan Pamekasan sebagai kota literasi.Baginya, pengenalan literasi harus dimulai sejak dini, yakni dengan menstimulasianak-anak agar lebih giat lagi, sehingga ketika menjelang dewasa, bisa menjadai pribadi cakap sesuai dengan minatnya.

Terkait mewabahnya Covid-19, Nayla berpesan kepada anak-anak agar memanfaatkan setiap kesempatan untuk terus belajar.Meski Covid-19 sedang memporak-porakdakan tatanan kehidpuan normal masyarakat, namun setiap kegiatan harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Karenanya, proses pendampingan orangtuaketika anak belajar dirumah, sangat diperlukan, agar nalar peserta didik tidak liar.

“Orangtua memiliki peran penting untuk mengarahkan anak dalam proses belajar mengajar secara daring. Sehingga anak-anak tetap bisa belajar meski di rumah,”ulasnya dalamkehadirannya di acara Jumpa Halo Perpustakaan Umum Daerah Pamekasan itu.

Acara tersebut, pihak Perpustakaan Umum Daerah Pamekasan menegaskan bahwa memiliki layanan peminjaman buku-buku secara gratis. Bahkan buku tersebut diantar ke pembacanya dan dijemput saat akan mengembalikan.

Menurut Bunda Nayla, dengan program itu, diharapkan kepada semua orangtua dan para pemuda bisa bersatu untuk memberikan penyadaran terhadap pentingnya literasi.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap bahwa ikhtiar untuk mewujudkan Pamekasan Hebat sebagai Kabupaten Literasi menjadi tujuan bersama masyarakat Pamekasan,”pungkasnya. (rul/waw/*)

Komentar

News Feed