oleh

Ramadan Adalah Madrasah

KABARMADURA.ID – Ramadan adalah bulan yang suci. Momen bulan Ramadan merupakan bulan yang memberikan inspirasi kuat bagi kita sebagai pelakunya. Inspirasi itu adalah membangun kesadaran betapa kuatnya Ramadan dengan menumbuhkan mental disiplin.

Disiplin dalam bulan Ramadan sangat luar biasa karena amaliyah yang sangat sirri atau rahasia. Kenapa bulan Ramadan adalah bulan rahasia? Karena Ramadan itu ketika kita bersunyi-sunyi seperti makan dan minum dengan rahasia. Dengan kedisiplinan, maka itu harus dihindari. Bahkan melebihi atau kurang waktu berbuka, orang yang berpuasa tidak akan berani makan dan minum. Begitu pula dengan waktu subuh.

Itu adalah disiplin yang sangat luar biasa. Di mana Tuhan memberikan syariat kuasa ini untuk menghargai waktu. Waktu yang sangat luar biasa. Dari situlah Ramadan disebut dengan madrasah atau madrasah. Jadi Ramadan merupakan lembaga pendidikan bagi kita dengan disiplin waktu dalam menjalankan puasa.

Ramadan juga merupakan riilnya bagaimana cara kita merasakan pada saudara yang kekurangan. Dengan puasa, kita bisa tahu bagaimana kelaparan, bagaimana kehausan. Ini secara orang lain yang kekurangan ekonomi adalah hal biasa. Tapi saat tertentu seperti Ramadan bisa merasakan itu mulai terbit matahari hingga tenggelamnya.

Maka, dengan bulan Ramadan rasa empati, munculnya rasa kasih untuk berbagi pada mereka yang setiap hari sudah merasakan lapar dan haus. Ini akan memunculkan rasa semangat juga sebagai kasih sayang. Karena bangunan kesadaran pada manusia adalah merasakan sesama saudara umat pada yang kekurangan untuk bisa berbagi.

Dari situ juga, kita bisa merasakan kasih sayang Allah tidak hanya di langit. Karena kasih sayang Allah ada pada orang-orang kekurangan, orang-orang fakir miskin, kantong-kantong anak yatim dan orang-orang dengan hati gelisah. Manakala kita bisa mengisi ruang-ruang itu, Allah akan mengasihi kita kembali.

Melalui bulan Ramadan bisa menjadikannya itu dengan banyak berbagi seperti membantu fakir miskin melalui sedekah. Membantu, menyayangi anak yatim dan menghibur bagi saudara yang sedang gelisah. Meringankan beban secara finansial, secara psikologi. Maka akan menimbulkan kasih sayang Allah untuk mengasihi kembali. Sebab kasih sayang Allah tidak terbatas, apalagi bulan Ramadan.

Bagaimana Allah memberikan rahmat bagi saudara yang belum beragama Islam? Allah memberikan rahmat pada mereka. Sehingga menjadikan mereka bahwa Islam adalah agama yang benar dan masuk Islam. Karena rahmat Allah yang tebesar adalah iman.

Dengan bulan Ramadan, diharapkan merasakan betapa rasanya haus, rasanya kelaparan untuk memunculkan kesadaran dan empati pada sesama.

Ramadan adalah madrasah merupakan proses. Sebab, semua orang bisa lulus melalui madrasah. Madrasah ini mendidik, mengkader dan menempa umat-umat Islam dengan menjalankan puasa agar bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Karena betapa menilai waktu, menerapkan kedisiplinan akan dirasakan satu waktu puasa. Tapi akan sampai pada puasa tahun berikutnya. Hal itulah yang disebut pendidikan Ramadan yang amat luar biasa. Banyak hal yang semestinya boleh tapi dilarang saat Ramadan. Ini lah pendidikan dalam Ramadan yang bisa diambil dengan membangun ketaatan pada Allah.

Komentar

News Feed