oleh

Ramadan di Tengah Wabah Covid-19: Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Tetap Khusyuk Beribadah

Kabarmadura.id/Pamekasan-Menyambut Ramadan di tengah wabah Covid-19, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengimbau masyarakat untuk untuk tetap khusyuk beribadah. Meskipun kebiasaan di bulan Ramadan, tidak seperti tahun sebelumnya. Hal tersebut tidak mengurangi rasa syukur serta kekhusyukan dalam beribadah.

“Bulan yang luar biasa, istimewa, banyak rahmat di dalamnya, ditunggu banyak orang muslim di dunia, khususnya pamekasan. jika melakukan dengan penuh keikhlasan, Allah berjanji akan memaafkan semua dosa,” ungkap Baddrut.

Ramadan tahun ini, kegiatan yang berjalan selama ini tidak dilakukan seperti tahun sebelumnya, menjadi jihad lahir bagi masyarakat Pamekasan dalam berjuang melawan wabah yang penuh ketidakjelasan.

Akan tetapi, ketidakjelasan tersebut bisa jadi kepastian seiring dengan kedisiplinan masyarakat yang terus dilakukan, serta mematuhi himbauan pemerintah salah satunya, taraweh di rumah.

“Hampir seluruh kota sampai pelosok akan diisi dengan kegiatan yang mendekatkan diri kita kepada Allah tahun ini ada wabah Covid-19. Sebab wabah ini cukup mudah menyebar di antara orang ke orang pemerintah menganjurkan kepada kita untuk melakukan physical distancing, sosial distancing, karena virus mudah menyebar, sedangkan diri kita belum tahu bahwa terpapar atau belum. Bisa saja kita yang terpapar tapi kondisinya sehat, akan tetapi kita yang memaparkan kepada orang lain,” imbau Badrut.

Ramadan di tengah wabah Covid-19, juga diharapkan tidak menghalangi kekhusukan untuk berjamaah bersama keluarga, tadarus bersama keluarga, membaca alquran refleksi perjalanan pengabdian hidup kepada umat, rakyat, bangsa dan agama.

Karenanya, pihaknya  ingin mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan ibadah, memohon kepada Allah, bertaqarrub, bermunajat kepada Allah.

“Hadist atau Aukamaqola yang mengatakan Sumu Tasihhu, artinya berpuasalah akan mendapatkan kesehatan menjadi jembatan bagi kita untuk menjaga imun kita akan bagus, tentu dibarengi dengan pola hidup sehat, tetap mencuci tangan, tetap melaksanakan puasa, tadarus, di rumah saja,” pungkasnya. (ifa/waw)

Komentar

News Feed