oleh

Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Kabarmadura.id/BANGKALAN – Hari pertama bulan puasa kebutuhan pokok seperti cabai, bawang putih, gula dan bawang merah mulai naik. Cabai rawit yang awalnya harga Rp18.000 per kilogram kini naik menjadi Rp30.000 per kilogram atau naik sebesar 40 persen. Sementara untuk cabai merah yang awalnya Rp28.000 per kilogram kini menjadi Rp36.000 per kilogram.

“Sebelumnya ini turun, tapi menjelang bulan puasa hingga saat ini malah beberapa harga kebutuhan pokok naik,” ujar Ibu Sitti, salah seorang pedagang di Pasar Ki Lemah Duwur, Senin (6/5).

Harga bawang putih kini mengalami naik turun dari kemaren. Yang awalnya Rp40.000 per kilogram perlahan naik hingga mencapai Rp70.000 per kilogram. Namun setelah itu turun lagi menjadi Rp50.000 per kilogram.

“Bawang putih dari kemarin hingga saat ini masih tidak stabil atau naik turun. Namun  untuk bawang merah saat ini harganya stabil,” ujarnya.

Selain harga bawang dan cabai, telur juga mengalami kenaikan Rp4.000 per kilogram. Julia yang saat itu lagi membeli telur di warung Ibu Sitti menjelaskan, harga telur sebelumnya Rp20.000 kini naik menjadi Rp24.000 per kilogram.

“Telur dan gula merah naik, sementara sebelumnya harga telur itu satu kilo Rp20.000,” tuturnya sambil memilih telur yang mau dibeli.

Julia melanjutkan, dirinya baru tahu jika harga telur sudah naik. Saat ditanya apakah akan membeli atau tidak, perempuan asal Desa Kelampis tersebut akan tetap membeli karena telur merupakan kebutuhan sehari-hari.

Sementara saat dikonfirmasi ke Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Bangkalan, Kepala Dinas Perdagangan Bapak Budi Utomo masih belum bisa memberikan komentar, karena yang bersangkutan masih dalam perawatan. (km46/pai)

Komentar

News Feed