RAPBD Sampang 2023 Disahkan, Legislator Harapkan Realisasi Lebih Awal


RAPBD Sampang 2023 Disahkan, Legislator Harapkan Realisasi Lebih Awal
(KM/ALI WAFA) DISAHKAN: Pimpinan DPRD Sampang bersama Bupati Sampang Slamet Junaidi mengesahkan RAPBD 2023 melalui rapat paripurna, Rabu (23/11/2022).

KABARMADURA.ID | SAMPANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang menggelar rapat paripurna, Rabu (23/11/2022). Rapat tersebut dalam rangka pengesahan sekaligus penandatanganan bersama rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sampang Fadol didampingi tiga wakil ketua DPRD Sampang lainnya. Bupati Sampang Slamet Junaidi hadir seorang diri tanpa didampingi wakilnya di acara tersebut. Selain pengesahan RAPBD, juga diisi dengan laporan Bapemperda.

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan, sebelum disahkan, RAPBD tahun 2023 telah melalui proses yang cukup panjang. Pembahasan dimulai di masing-masing fraksi, kemudian pembahasan dilanjutkan ke tingkat komisi. Lalu dibahas dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sampang.

Fadol meminta agar APBD tahun 2023 segera direalisasikan. Sebab, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, banyak program yang baru terealisasi di pertengahan tahun, bahkan akhir tahun. Sehingga, pelaksanaan harus dikebut agar tidak melampaui deadline yang ditetapkan.

Dijelaskan Fadol, tahun 2023 percepatan pembangunan harus dilakukan. Terutama dalam program peningkatan infrastruktur. Semu perencanaan harus sudah rampung di awal tahun. Sehingga, lelang bisa dilaksanakan lebih awal dan pelaksanaan bisa dimulai di pertengahan tahun.

“Khususnya infratruktur yang nilainya besar. Agar ada percepatan di tahun 2023 mendatang,” tegas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Rabu (23/11/2022).

Bupati Sampang Slamet Junaidi menuturkan, prioritas APBD tahun 2023 masih berpusat pada peningkatan infrastruktur. Namun, di sektor lain juga terus dilakukan peningkatan. Sebab, keuangan daerah sangat terbatas untuk bisa memenuhi semua kebutuhan.

Karen itu, bupati yang karib dipanggil Abah Idi itu menyebut, kegiatan yang bersumber dari APBD sangat minim. Hanya saja, pihaknya berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut. Sehingga, pembangunan di Kabupaten Sampang dapat berkesinambungan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Prioritas yang lain yaitu pemindahan rumah sakit itu,” tutup politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, Rabu (23/11/2022).

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna