oleh

Rapid Tes Reaktif, Warga Sumenep Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

Kabarmadura.id/SUMENEP-Rapid tes dinyatakan reaktif Covid-19, seorang warga Sumenep meninggal dunia, Jumat (15/5/2020), dan dimakamkan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Warga Kecamatan Sumenep tersebut sempat masuk RSUD dr H Moh Anwar Sumenep pada Jumat pagi (15/5). Kemudian dilakukan rapid tes dan hasilnya reaktif Covid-19, kemudian sore harinya meninggal dunia.

Sebagaimana disampaikan Direktur RSUD dr H Moh Anwar Sumenep, Erliyati, karena reaktif Covid-19, warga yang dikabarkan sempat ke Sidoarjo menemui anaknya tersebut kemudian diambil sampel lendir melalui swab tenggorokan.

Sampel tersebut kemudian dikirimkan ke laboratorium, namun hasilnya masih belum keluar.

“Pasien yang kami tangani masuk pagi hari ke RSUD. Setelah dirapid tes hasilnya reaktif, kemudian dilakukan swab. Hasilnya belum keluar, pasien meninggal dunia sore harinya,” jelasnya.

Penanganan terhadap jenazah reaktif Covid-19 tersebut dilakukan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumenep.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rapid tes kepada pihak keluarga pasien, sebab jika almarhum benar-benar terinfeksi Covid-19, bisa dikendalikan penularannya.

“Isolasi mandiri dengan pengawasan ketat juga akan dilakukan kepada pihak keluarga,” imbuhnya.

Erli berharap, masyarakat Sumenep tetap berada di rumah, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak di luar. Dan ketika keluar rumah, menggunakan masker dan mencuci tangan sebagai bentuk kewaspadaan, termasuk juga menghindari kerumunan massa. (ong/waw)

Komentar

News Feed