oleh

Rasa Kekeluargaan Madura United Sangat Kuat

Kabarmadura.id-Senin (29/6/2020) kemarin, tercatat sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Legalitas Harganas itu sudah keluar pada 15 September 2014 melalui keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 39 Tahun 2015, namun bukan termasuk libur nasional.

Dalam penentuan legalitas itu tidak terlepas dari awal mula ditetapkannya 29 Juni 2020 sebagai Harganas. Itu berpangkap pada Belanda yang menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh pada 22 Juni 1949. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali berkumpul dengan keluarganya kembali.

Sementara itu, di Harganas 2020, gelandang senior Madura United Slamet Nurcahyo menyebut keluarga sebagai pendukung dalam setiap karirnya, serta memberikan ketenangan ketika berkumpul.

Selanjutnya, gelandang bernomor punggung 10 di Madura United itu juga sangat senang dengan rasa kekeluargaan yang ada di Laskar Sape Kerrab.

“Keluarga itu dukungan dan ketenangan. Mulai dari awal ikut Madura, saya udah merasakan kekeluargaan kental banget, bukan dari pemain saja, tapi seluruh elemen, manejemen, seporter dan publik Madura,” kata Slamet.

Senada dengan Slamet, gelandang bertahan Madura United Asep Berlian menyebutkan, keluarga merupakan harta yang paling berharga yang mampu memotivasi dirinya setiap hari.

“Keluarga adalah salah satu harta yang paling berharga yang saya miliki dalam kehidupan ini. Di dalamnya, saya mersakan kehangatan, kenyamanan, ketenangan dan motivasi hidup di dalam diri sehari,” ujar Asep.

Serta, gelandang bernomor punggung 4 di Madura United ini menyebut, rasa kekeluargaan di Madura United yang membuatnya bertahan hingga musim kelima, yakni sejak tahun 2016.

“Kekeluargaan di Madura United sangat baik. Itu bagian dari pemicu saya tetap bertahan di Madura United sampai saat ini, karena kekeluargaannya yang membuat saya nyaman, antara presiden klub maupun pelatih dan menejemen terhadap pemain seperti bersikap kepada keluarga sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, bek sayap Madura United Andik Rendika Rama melihat Harganas sebagai momentum untuk merenung bagi seseorang yang masih memiliki keluarga yang lengkap.

“Keluarga adalah segalanya bagi Rama. Jadi berbahagialah bagi kalian yang masih punya keluarga. Buatlah keluarga bangga dengan prestasi kita dan jangan pernah mengecewakan keluarga,” tegas Rendika Rama.

Mantan Fullback Persija Jakarta itu melihat, kekeluargaan yang dibangun di Madura United, contohnya seperti tidak memandang pemain lama ataupun pemain yang baru bergabung.

“Ya, kami di Madura United hubungan antarteman sangatlah baik. Kami tidak pernah membeda-bedakan teman lama atau teman yang baru. Kami semua kompak. Muaranya, kami sudah seperti keluarga sendiri,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed