Ratusan Alat Bukti Disiapkan Jelang Sidang PHPU

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Jelang sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli mendatang, penyelenggara pemilu di Kabupaten Bangkalan tengah menyiapkan ratusan kode alat bukti terhadap gugatan sengketa pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan Zainal Arifin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan alat bukti untuk menghadapi persidangan tersebut. Bahkan, untuk melengkapi alat bukti yang dibutuhkan, pihak KPU telah membuka kotak suara untuk masing-masing tahapan.

Dikatakan Zainal, saat pembukaan kotak suara, pengambilan dokumen disaksikan oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan. Hal itu bertujuan agar alat bukti yang diambil dari kotak suara ini berupa dokumen dilakukan secara professional.

“Sesuai dengan surat edaran dari KPU pusat, KPU di kabupaten boleh membuka kotak suara untuk mengambil alat bukti yang akan digunakan dalam persidangan nanti,” ujarnya, Minggu (7/7).

Selain KPU, Bawaslu Bangkalan juga menyiapkan alat bukti sebagai bahan untuk menghadapi persidangan sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Saleh mengatakan, untuk menghadapi 11 gugatan, pihaknya menyiapkan sekitar 262 kode bukti sebagai acuan menyusun jawaban

“Kita udah siap hadapi 11 gugatan dari 8 parpol baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota. Total kita ada 262 kode alat bukti yang disiapkan,” jelas Mustain.

Menurutnya, alat bukti yang akan disediakan untuk bukti sengketa PHPU sebanyak dalam 40 kotak dan dikirim ke Jakarta dengan armada truk. Diungkapkannya, alat bukti tersebut berupa form C1, form A pengawasan TPS, hingga hasil pengawasan dan penanganan laporan di level kabupaten.

“Tanggal 9 Juli nanti kita sudah siap menghadapi persidangan,” tandasnya. (ina/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *