Ratusan Usaha Tambak di Bangkalan Tidak Berizin

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | BANGKALAN – Sebanyak 36 tambak di Bangkalan belum memiliki izin usaha.  Jika berdasarkan jumlah data Dinas Perikanan (Diskan) Bangkalan, terdapat 96 tambak dengan usaha udang dan bandeng. Tetapi hanya ada 60 usaha tambak yang terdaftar di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan.

Kepala Diskan Bangkalan Mohammad Zaini menerangkan, usaha petambak udang di Bangkalan menjadi salah satu yang banyak diminati. Sejauh ini pihaknya mencatat, sudah ada 96 usaha tambak di Bangkalan.

“Yang paling banyak memang udang vaname, setelah itu bandeng,” tuturnya.

Zaini mengaku, banyaknya tambak udang di Bangkalan sering membuatnya kewalahan dalam melakukan pendataan. Sebab, tidak semua pemilik tambak mau didata dan dibina. Bahkan data yang ada diakui belum mencakup semua petambak. Penyebabnya  banyak yang enggan didata. Jumlahnya diperkirakan lebih dari 100 tambak. 

“Kami memang bina mereka perlahan, nanti akan sambil kami dorong untuk urus izinnya,” ulasnya.

Sedangkan mengenai izin usaha tambak di Bangkalan, Kepala Bidang Perizinan non Perizinan DPMPTSP Bangkalan Syahrul menerangkan, masih berada di angka 60. Sebab, memang jarang yang mengurusnya.

Namun akan segera didata dan ditelusuri, termasuk memberikan peringatan kepada pengusaha tambak yang tak kunjung mengurus izin. 

“Nanti kami koordinasikan dengan bidang penertiban,” singkat Syahrul.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *