Rawan TBC, Pemkab Gandeng STPI

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggandeng Stop TB Partnership Indonesia (STPI) untuk mencegah penyebaran Tuberkulosis (TBC) di Sumenep. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel C1 Sumenep, Kamis (26/9).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep Agus Mulyono menyampaikan, ada 27 Kecamatan menjadi kantong TBC. Untuk itu, untuk memaksimalkan pencegahan TBC, pihaknya mengundang Direktur STPI dan jajarannya untuk berbagi tentang pencegahan TBC.

Pihaknya ke depan akan fokus mengadakan sosialisasi di 3 pondok pesantren yang dilanjutkan dengan pemeriksaan, serta memberikan penguatan bagi yang menderita penyakit TBC. Dengan begitu diharapkan dapat berdampak terhadap penurunan penderita TBC.

“Semoga TBC di Kabupaten Sumenep menurun,” katanya, Kamis (26/9).

Direktur STPI merupakan salah satu yang menemukan model penanggulangan TBC yang bisa mempercepat dan membantu kementrian kesehatan untuk elimenasi TBC. Menurutnya, target Indonesia eleminasi TBC bakal dilakukan pada tahun 2030 mendatang.

“Kalau di tingkat daerah tidak didorong dan diperkuat itu rasanya agak berat untuk penurunan itu,” paparnya.

Dijelaskan, jika pencegahan TBC tidak diprioritaskan, tentu target elimenasi tahun 2030 sangat sulit. Ada 8.430.000 peningakatan setiap bulan sementara yang ditemukan saat ini sebanyak 60 persen.

“Kita juga bakal kerja sama dengan Puskesmas. Sebab, puskesmas merupakan kantor yang dekat pada masyarakar setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi berharap semoga banyaknya penyakit TBC di Sumenep bisa ditangani oleh Dinkes Sumenep. Jika TBC tidak ditangani, maka penyebaran serta peningkatan penyakit tersebut akan berlanjut.

“Sumenep sebagai pilot project dalam rangka pencegahan TBC di tingkat nasioanal. Model acara ini akan dijadikan model dalam rangka penanganan TBC di Kabupaten Sumenep,” ujarnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *