oleh

Reaksi Winger Asing Madura United terhadap Laga Tanpa Suporter

Kabarmadura.id-Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) telah memutuskan lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Yakni, bakal dihelat pada 1 Oktober depan, namun tanpa suporter.

Regulasi pertandingan tanpa suporter juga dilakukan liga-liga Eropa seperti Liga Inggris, Spanyol, Itali, dan sebagainya. Winger asing Madura United Emmanuel Oti Essigba telah menduga laga di tengah wabah Covid-19 bakal berlangsung tanpa suporter.

Selain itu, mantan bomber Tim Nasional Ghana U17 tersebut juga menjelaskan, langkah tersebut tepat, melihat pasien terinfeksi Covid-19 di Indonesia masih banyak.

“Iya, saya sudah mendengar kalau nanti pertandingan tanpa suporter. Ini sama dengan kompetisi-kompeisi di Eropa; Liga Inggris, Spanyol, dan yang lain tanpa suporter. Jadi, saya pikir memang seharusnya seperti ini demi keselamatan semua,” kata Oti kepada Kabar Madura, Minggu (12/7/2020) petang.

Kendati demikian, pemain dengan nomor punggung 11 di Madura United menyampaikan, pertandingan tanpa suporter bakal berjalan hambar. Sebab, di tribun akan sepi dengan nyanyian dan tepukan dari suporter.

Di samping itu, Oti juga menjelaskan, kehadiran langsung suporter ke stadion memberikan motivasi tambahan kepada pemain yang berjuang di lapangan.

“Memang akan tidak seperti biasanya iya, nanti tidak akan ada suporter. Tentu tidak akan begitu menyenangkan kepada kami. Karena, suporter itu memotivasi, membuat kami lebih berjuang. Mereka datang langsung ke stadion bernyanyi, menari. Senang bersama dan sedih bersama juga,” sambungnya.

Selain itu, Oti merasa senang, kompetisi domestik tertinggi Indonesia telah dipastikan bakal berlangsung kembali. Sebab, dia mengaku, sangat membosankan tanpa sepak bola.

“Saya pemain sepak bola, tanpa sepak bola itu menyedihkan. Saya senang sekali mendengar akan ada kompetisi lagi. Katanya, tanggal 1 Oktober. Kami semua pemain pasti senang dengan kabar ini. Soalnya, di Eropa sudah mulai,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed