Realisasi ADD di Sumenep Ikut Terdampak Peraturan Menteri Keuangan yang Baru

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) TERLAMBAT: Realisasi ADD tahun 2021 di Sumenepikut terdampak peraturan menteri keuangan yang baru

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Selain menggunanan dana tidak terduga senilai Rp35 miliar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep juga merencanakan alokasi dana desa (ADD) untuk penanganan Covid-19 di tahun 2021. Sayangnya, ADDsampai saat ini masih belum tersalurkan.

Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep Rudi Yuyianto melalui Kepala Bidang Anggaran Ferdiansyah mengatakan, untuk beberapa anggaran memang masih dikoordinasikan.

Bacaan Lainnya

“Salah satu aturan baru yakni PMK Nomor 17 Tahun 2021, juga berpengaruh pada realisasi keungan yang bersumber dari daerah,” katanya.

Sebelum ada aturan baru itu, dana Rp35 miliar itu masuk pada program bantuan tidak terduga (BTT). BTT menyasar ke 8 OPD, antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh, Anwar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial (Dinsos),Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BKPSDM), Dinas Komunikasi dan Komunikasi (Kominfo), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Nah perubahan itu tidak hanya mengarah ke anggaran Covid-19, termasuk ADD itu, dan kami secara teknis akan mengkoordinasikan dengan stakeholder” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Supardi menyampaikan, pelaporan ADD belum diputuskan secara online atau manual.

“Belum ada petunjuk terkait teknisnya,” papar dia.

Menanggapi persoalan itu,Anggota Komisi l DPRD Sumenep Suroyo menyampaikan, untuk meningkatkan kinerja yang maksimal, pemerintah mestinya harus menyeriusi, apalagi terlait keuangan.

“ADD kan berkaitan dengan gaji perangkat maka kapan mau maksimal kinerjanya kalau gaji nanti lambat,” ujar dia. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *