Realisasi Bantuan Disabilitas dan Lansia di Sumenep Terkendala Perbankan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) REALISASI: Sampai pertengahan tahun bantuan untuk lansia masih tidak tersalurkan semua.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Realisasi bantuan untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) masih belum dicairkan. Kendati surat rekomendasi sudah turun, namun bantuan tersebut sampai saat ini masih terkendala pemindahan dari perbankan.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep Fajarisman menyampaikan, bantuan terhadap penyandang disabilitas dan lansia tahap pertama sudah mulai dipersiapkan. Saat ini pihaknya tengah mengkoordinasikan dengan pihak bank yang ditunjuk sebagai penyalur dalam bantuan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kalau rekom pencairannya sudah kami kasih, namun yang bikin lambat karena uang itu ada di Bank Jatim maka harus dipindah dulu ke BPRS. Sebagian kecamatan ada yang sudah, kami belum terima laporan secara formal,” ujar Fajar, Kamis (24/6/2020).

Dijelaskan Fajar, bantuan kepada penyandang disabilitas hanya ditargetkan untuk 33 orang dari 1.547 orang yang terdata. Sementara untuk bantuan lansia akan diberikan kepada 100 orang dari 12 ribu lansia yang terdata. Bantuan itu setiap bulannya Rp250 ribu.

“Bantuan ini akan dicairkan dengan tiga tahap, perempat bulan dengan nominal Rp1 juta,” imbuhnya.

Dikatakan Fajar, terkait minimnya jumlah penerima bantuan tersebut, pihaknya menegaskan jika itu sudah disesuaikan dengan kekuatan anggaran. Sehingga tidak bisa berjanji tahun ini ada penambahan penerima bantuan disabilitas atau lansia.

Masih menurut Fajar, sementara untuk masyarakat terlantar, misalnya seperti pengemis, setiap bulan sudah dilakukan penyisiran dan akan dibawa ke rumah penampungan yang dimiliki Dinsos Sumenep.

”Anggaran sosialisasi atau pembinaan hanya disediakan Rp15 juta setiap tahunnya, itu pun turun ke OPD kolektif, tidak hanya ke kami saja. kecil memang, makanya pengemis itu masih terus kita jumpai dan dibawa ke rumah rehabilitasi,” pungkasnya. (ara/mam)

Faktor Lambannya Realisasi Bantuan Disabilitas dan Lansia

Dananya masih dipindah dari Bank Jatim ke BPRS.

-Disabilitas 33 orang dari 1.547 orang yang terdata.

-Lansia 100 orang dari 12.000 orang yang terdata.

-Masing penerima bantuan mendapatkan Rp1 juta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *