oleh

Realisasi DAK 2020, Disdik Pamekasan Harapkan Mutu Pendidikan Terus Melesat

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Pada tahun 2020, sebanyak 67 sekolah dasar negeri (SDN) di Pamekasan direhabilitasi. Rehabilitasi tersebut dianggarkan melalui alokasi dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan menargetkan, rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan tersebut, bisa menunjang terciptanya kualitas pendidikan di Pamekasan yang semakin hebat.

Menurut Kepala Disdik Pamekasan Akhmad Zaini, rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan tersebut, sudah dipilih untuk sekolah yang paling layak menerima. Tentunya, agar sarana penunjang untuk terciptanya pendidikan semakin kualitas.

“Pendidikan itu berbicara tentang dua hal, yang pertama perbaikan mutu dan akses belajar. Mutu itu, mutu lembaga, mutu tenaga pendidik dan tenaga pendidikan, sarpras ini mutu lembaga,” ungkapnya, Senin (5/10/2020).

Dengan perbaikan fasilitas pendidikan itu, juga diharapkan mampu memberikan kenyamanan kepada siswa pada saat menimba ilmu, karena fasilitas salah satu penunjang untuk suksesi pendidikan telah dipenuhi.

“Peningkatan akses untuk semua orang harus terlayani dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdik Pamekasan Fatimatuzzahra menjelaskan, pelaksanaan rehabilitasi 67 SDN tersebutsudah berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.Sehingga, pengerjaan program yang dananya bersumber dari pemerintah pusat itu, ditargetkan rampung sesuai ketentuan yang sudah menjadi rujukan.

“Kami upayakan semaksimal mungkin sesuai dengan jadwal, sesuai dengan prosedur yang ada, jadwalnya kan sampai akhir Desember,” urainya.

Dalam realisasinya untuk menopang kemajuan pendidikan, diharapkan ada kerja sama yang baik dari semua elemen masyarakat. Sebab, pendidikan sendiri merupakan satu indikator untuk kemajuan suatu daerah.

“Untuk mendorong kemajuan pendidikan, perlu adanya rasa kepemilikan yang kuat untuk sarana dan prasarana penunjangnya, jadi saling ada kerja sama yang baik demi kemajuan pendidikan di Pamekasan,”tukasnya

Kegiatan fisik itu antara lain, 14 rehabilitasi ruang kelas, 19 rehabilitasi ruang perpustakaan, 8 rehabilitasi ruang guru, 6 rehabilitasi ruang jamban, 1 pembangunan ruang kelas baru (RKB), 6 pembangunan jamban, 13 pembangunan ruang perpustakaan. (rul/waw)

Komentar

News Feed