Realisasi Program Rehab dan RKB 96 SD Masih 65 Persen

  • Whatsapp
KM/DOKUMEN RENDAH: Realisasi dan serapan program rehab dan RKB SD dibawah naungan Disdik Sampang masih 65 persen.

Kabarmadura.id/Sampang-Sebanyak 96 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sampang, mendapat bantuan program rehab dan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019. Sayangnya, hingga menjelang tutup tahun progress pengerjaan masih baru menyentuh angka 65 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Achmad Mawardi melalui Plt Kepala Seksi Sarana Prasarana (Kasi Sarpras) SD Abdul Rahman mengatakan, proses pengerjaan rehab dan pembangunan RKB itu, dikerjakan oleh lembaga sendiri.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengingatkan agar seluruh pengerjaan rehab gedung dan RKB di 95 SD itu, selesai pada akhir Desember mendatang.

“Sebagian sudah ada yang selesai,” ucap Abdul Rahman, kamrin (21/11).

Rahman menjelaskan, persyaratan untuk mengajukan pencairan dana pada termin kedua, yakni progres pengerjaan harus 60 persen ke atas. Namun, hingga saat ini di Sampang masih ada sekitar 45 lembaga yang belum mengajukan pencairan termin kedua.

“Pagu anggaran DAK tahun ini Rp21 miliar, dan saat serapannya senilai Rp12,5 miliar, jadi tinggal pengajuan termin ketiga dan kedua bagi yang belum mengajukan.” Ungkapnya.

Sambung Rahman, untuk lembaga yang progres pengerjaannya masih rendah atau di bawah 75 persen, maka segera diambil langkah-langkah percepatan dalam upaya penyelesaian dengan tetap memperhatikan kualitas, mengingat waktunya sudah sangat mepet dan sudah mulai memasuki musim penghujan.

“Kami minta kepala sekolah dan P2KS yang menerima program DAK tahun ini dapat melaksanakan kegiatannya sesuai RAB serta dapat menyelesaikan tepat waktu,” tukasnya. (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *