oleh

Realisasi Target IMB dan Tower di Kabupaten Sampang Baru 2,35 Persen

Kabarmadura.id/Sampang-Memasuki triwulan ketiga tahun anggaran 2020, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Sampang, mencatat realisasi pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin penyedia menara telekomunikasi atau tower, masih jauh dari target.

Selama tahun 2020, Pemkab Sampang menetapkan target retribusi IMB sebesar Rp473.730.000, namun realisasi hingga triwulan kedua baru 2,35 persen atau senilai Rp20 juta. Sementara target retribusi tower senilai Rp60 juta, sayangnya hingga kini belum ada realisasi.

Kepala DPRKP Sampang Moh. Zis melalui Kabid Perumahan dan Pertanahan Candra Romadhani Amin mengatakan, untuk proses pengurusan IMB dan tower itu melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sampang, dan dilakukan pemeriksaan dokumen administratif.

Sedangkan instansinya hanya sebatas melakukan verifikasi dan pemeriksaan dokumen teknis IMB atau sertifikat laik fungsi (SLF).

Kata dia, jika SLF sudah diterbitkan, maka dokumen IMB dikembalikan ke DPMPTSP untuk penetapan biaya retribusi. Kemudian setelah itu IMB dapat diterbitkan. Untuk retribusi tower masih terkendala dengan data tower terbaru.

“Sampai saat ini realisasi PAD yang bersumber IMB baru terealisasi sekitar Rp20 juta dari target Rp473 juta, dan tower belum ada realisasi sama sekali,” ungkap Candra (sapaan akrabnya), Selasa (28/7/2020).

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan DPMPTSP Sampang Sudarmaji membeberkan, dari bulan Januari hingga Juli 2020, jumlah pengurusan IMB tercatat 117. Sedangkan menara tower sudah ada 5. Rinciannya, tower yang didirikan oleh centratama 4 dan telkomsel 1 tower.

Pihaknya menjelaskan, untuk bisa mendorong pemaksimalan PAD dari retribusi IMB dan tower, pihaknya sudah meningkatkan upaya sosialisasi kepada masyarakat terkait perizinan tersebut. Mengingatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus izin relatif masih rendah.

“Kami minta kesadaran dari masyarakat, khususnya belum mengurus IMB ini agar secepatnya mengurus,” tandasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed