oleh

Realisasi Target Investasi TIdak Tercapai, DPMPTSP Pamekasan Dorong Investor Proaktif Laporkan Investasi

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan mencatat, realisasi Investasi  di Pamekasan pada tahun 2020 hanya sebesar Rp18,6 miliar, padahal, target realisasinya mencapai Rp3 triliun. Kendati demikian, untuk target realisasi tahun 2021 lebih tinggi daripada tahun 2020, yakni sebesar Rp3,045 triliun.

Menurut Sekretaris DPMPTSP Naker Pamekasan Supriyanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Permodalan Ummi Fariqoh, adanya penambahan target realisasi investasi pada tahun 2021 merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) yaitu sebesar 1,5 persen dari total target tahun sebelumnya. Sebab itu, perlu cara khusus agar  investor berminat untuk berinvestasi di kabupaten yang berjuluk Gerbang Salam tersebut.

“Kita berani sekali menarget Rp3,045 triliun, karena memang ada petunjuk dari Pemprov Jatim bahwa target investasi harus lebih tinggi 1,5 persen dari target sebelumnya,” tuturnya, Minggu (14/2/2021).

Dijelaskannya, tidak tercapainya target Investasi tahun 2020 disebabkan kurangnya inisiatif para pengusaha untuk melaporkan investasinya. Dampaknya banyak laporan investasi yang tidak tercatat. Sehingga pada tahun 2021, kita akan terus mendorong  mereka untuk lebih disiplin melapor melalui Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

“Apabila para pengusaha melaporkan reliasisasi investasinya, maka akan diketahui berapa capaian investasi yang tercakup di Pamekasan,”paparnya.

Ia berharap, pada tahun 2021 realisasi target yang dianggarkan tercapai. Caranya yaitu dengan sosialisasi di pelbagai media, dan  juga mendatangi langsung pengusaha supaya disiplin melaporkan investasinya.

“Semoga target realisasi investasi tercapai sesuai harapan,” pungkasnya. (rul/maf)

 

Data Investasi dan Nilai Realisasi Investasi Pamekasan

Tahun   Investor masuk (OSS)                                    Investasi (OSS)                  Realisasi Investasi (LKPM).

2019       1.485                                                                     Rp1,9 T                                 Rp13,3 M

2020       2.590                                                                     Rp3 T                                     Rp18,6 M

2021       2.629                                                                     Rp3,045 T                             Rp750 M

Komentar

News Feed