oleh

Rehabilitasi Perpusda Pamekasan dalam Tahap Pelelangan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pamekasan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, perpusda mendapatkan dana hibah dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk melakukan rehabilitasi beberapa fasilitas seperti parkir, ruang pelayanan perpustakaan, pengadaan teknologi informasi, termasuk didalamnya komputer untuk server.

Kusairi, Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan menyampaikan, perpusda mendapatkan dana hibah dari Perpusnas tahun anggaran 2019. Disinggung tentang besarnya dana hibah, ia enggan memberikan penjelasan.

“Saat ini dalam tahap pelelangan, yang lebih tahu tahapan itu adalah pimpinan,” ujarnya, Minggu (17/3).

Dijelaskan, pembangunan itu hanyalah dititikberatkan pada renovasi bukan dalam bentuk pembangunan baru. Termasuk juga lahan parkir yang saat ini juga sangat dibutuhkan untuk kelangsungan kegiatan baca tulis.

“Khsus pembangunan parkir sudah mulai dirancang yang direncanakan dibangun 2 lantai,” paparnya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Hosnan Ahmadi menyampaikan, pembangunan itu memang sangat penting untuk dilakukan, mengingat banyaknya kekurangan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Untuk lahan parkir memang selayaknya direhabilitasi, mengingat pengunjung yang hadir setiap harinya cukup signifikan. Rehabilitasi ruang pelayanan juga tidak kalah penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung.

“Perpusda harus maju agar Kabupaten Pamekasan benar-benar menjadi  kota pendidikan yang sejati,” ujarnya.

Informasi yang didapatkan Kabar Madura, pengunjung perpusda setiap harinya kurang lebih 300 Sampai 600. Pengunjung didominasi oleh mahasiswa sementara kalangan siswa masih minim.

Pada tahun 2018 jumlah pengunjung dalam 1 tahun adalah 66.862 orang. Kemudian di tahun 2019, sampai pertengahan Maret, terdapat 12.567 pengunjung dengan rincian, di bulan Januari sejumlah 4.356, bulan Februari sejumlah 4.692, dan di bulan Maret sejumlah  3.519 orang. (km45/pai)

Komentar

News Feed