Rekening Perindo Bersaldo Paling Tambun

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang telah menerima laporan awal dana kampanye (LADK) dari 16 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. Dari 16 partai tersebut, Partai Perindo memiliki saldo awal yang cukup besar di rekeningnya dibanding partai lainnya, yakni Rp500.000.

Partai besutan Hary Tanoesoedibyo tersebut, sejatinya tidak ikut berkompetisi dalam pemilihan calon legislatif (caleg) untuk pemilihan legislator (pileg) Sampang 2019, karena tidak mendaftarkan satu pun calegnya.

Komisioner KPU Sampang Divisi Hukum Samsul Arifin mengatakan, sebanyak 16 partai sudah menyetorkan LADK ke KPU, termasuk Partai Perindo. Selain itu, pihaknya juga menerima LADK dari tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden.

“Hingga batas waktu tanggal 23 September, sebanyak 16 parpol dan dua tim pemenangan capres sudah menyerahkan LADK,” katanya.

Besaran saldo awal dan LADK yang dibuka di rekening khusus masing-masing partai, jumlahnya bervariasi, ada yang Rp100.000 hingga Rp500.000. Jumlah saldo tersebut merupakan tahap awal, dan untuk selanjutnya ada penambahan ke rekening masing-masing partai. Sementara, rekening dari LADK, diatasnamakan pengurus masing-masing partai.

“Setiap partai atas nama pengurus masing – masing partai, karena sesuai tanda tangan pengurus ketua partai dan bendahara,” tambahnya.

Setelah dilaporkan, pihaknya akan memverifikasi laporan dana kampanye yang diterimanya. Hasil verifikasi berkas laporan tersebut akan diumumkan oleh KPU pada 28 September 2018. Sesuai aturan, ada tiga tahapan dalam laporan dana kampanye terkait dengan Pemilu 2019, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

“Tiga tahapan laporan tersebut adalah laporan awal dana kampanye, laporan sumbangan dana kampanye, dan laporan akhir dana kampanye,” jelasnya.

LADK wajib dilaporkan maksimal pada 23 September 2018. Kemudian pada Januari 2019, peserta pemilu diwajibkan menyampaikan laporan sumbangan penerimaan dana kampanye.

“Sedangkan pada 25 April, atau 8 hari setelah hari pemungutan suara, peserta pemilu diwajibkan menyerahkan laporan akhir penerimaan dan penggunaan dana kampanye,” tandasnya. (awe/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *