Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Sumenep Tunggu Juknis


Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Sumenep Tunggu Juknis

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Rekrutmen petugas pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) sampai saat ini belum ada kejelasan. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumenep masih petunjuk teknis (juknis). Sehingga sementara belum bisa mengumumkan terkait kebutuhan tenaga pengawas tersebut.

Kordiv Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Sumenep Hosnan Hermawan mengatakan, juknis mengenai perekrutan panwascam belum turun. Sehingga masih menunggu dan belum bisa menentukan kapan pelaksanaan itu dilakukan.

"Kalau juknisnya belum ada kami kan tidak bisa mempersiapkan," katanya, Kamis (8/9/2022).

Namun, meski belum ada juknis, secara mental dan kesiapan sudah bisa dinyatakan siap. Pihaknya saat ini terus melaksanakan tahapan-tahapan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan bawaslu pusat. "Kapan pun juknis itu turun kami siap dan langsung eksekusi," ucap dia.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi apabila ada orang yang mengaku bisa meloloskan dalam seleksi perekrutan panwascam. Apalagi sampai mengatasnamakan dari Bawaslu Sumenep. Karena proses seleksi bakal dilakukan secara terbuka dan tetap mengedepankan asas profesionalisme sesuai aturan yang berlaku.

"Kami akan tetap profesional dalam melaksanakan seleksi panwascam nantinya. Kalau berkaca pada pilkada sebelumnya masing-masing kecamatan terdapat tiga orang yang bertugas sebagai panwascam," tukasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam