Rektor UTM Prioritaskan Insentif untuk Mahasiswa Berprestasi Nasional dan Internasional

  • Whatsapp
(FOTO: HUMAS UTM FOR KM) PENGHARGAAN: Jajaran rektorium UTM sudah menyepakati akan memberikan insentif untuk mahasiswa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN- Universitas  Trunojoyo Madura (UTM) setuju untuk memberi apresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi, yakni yang memiliki karya di tataran nasional dan internasional.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dorongan semangat untuk mahasiswa agar lebih giat belajar dan juga berprestasi. Sehingga bisa bersaing untuk menjadi lebih baik dan membanggakan almamater kampus tercinta.

Bacaan Lainnya

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif menyampaikan, apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa juga merupakan program yang direkomendasikan Dirjen Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar semua kampus memperhatikan mahasiswa yang berprestasi dengan memberikan apresiasi.

“Ini juga bagian dari program kementerian, tapi kami sambut dengan antusias mengingat prestasi memang harus mendapat apresiasi,” katanya.

Selain itu, apresiasi yang diberikan juga diharapkan menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain agar tersulut semangatnya untuk meningkatkan prestasi. Sebab, jika prestasi mahasiswa meningkat, sudah tentu nama besar UTM juga akan terangkat. Sehingga bisa diperhitungkan meskipun masih menjadi kampus dengan satuan kerja.

Menurut Syarif, lebih banyak mahasiswa yang berprestasi, maka lebih meningkat pula indikator kinerja utama (IKU). Sebab, beberapa bulan lalu, UTM dengan kampus yang masih satker, juga mendapatkan penghargaan punya kualitas IKU yang berkualitas.

“Kami berharap dengan ini, IKU UTM tetap terjaga dan bisa terus lebih meningkat dan membanggakan lagi,” tuturnya.

Selain itu, untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, apresiasi tersebut juga diharapkan bisa mendorong mahasiswa agar lebih bebas memilih bidang yang akan ditekuni untuk dikembangkan. Sehingga nanti bisa memiliki peluang lebih untuk mendapatkan prestasi.

Kata Syarif, semua mahasiswa yang memiliki prestasi atau juara 1, 2, dan 3 di tingkat nasional atau internasional, boleh mengajukan apresiasi tersebut. Apresiasi juga boleh diajukan mahasiswa yang memiliki karya seperti jurnal nasional dan internasional atau juga hak kekayaan intelektual.

Apresiasi itu akan diberikan berupa insentif uang kuliah. Namun pihaknya belum bisa memastikan nilai  insentifnya. Sebab, nanti akan disesuaikan dengan pagu anggaran yang sudah tersedia di Bidang Kemahasiswaan UTM.

“Minimal bisa Rp1 juta atau Rp2 juta dan maksimal bisa sampai Rp5 juta per individu. Semoga dengan ini mahasiswa UTM bisa lebih giat bersaing dan juga lebih berprestasi,” ujarnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *