Relawan Demokrasi Wajib Sisir 10 Segmen

  • Whatsapp
SELEKSI: Sejumlah calon relawan demokrasi mengikuti tes administrasi dan wawancara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang.

Kabarmadura.id-Sebanyak 124 calon relawan demokrasi telah mengikuti rentetan seleksi yang dilakukan oleh Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Sampang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM Miftahur Rozaq. Dikatakan bahwa proses rekrutmen relawan demokrasi telah melalui dua tahapan tes, yakni tes administtasi dan tes wawancara tentang kepemiluan.

“Ada sepuluh segmen yang kita siapkan, yakni segmen pemula, pemuda, basis keluarga, segmen disabilitas, kebutuhan khusus, marginal, nitizen, perempuan, komunitas dan keagamaan,” katanya.

Dari semua calon yang sudah terdaftar, pihaknya hanya merekrut 50 sampai 55 orang, dengan masa bhakti tiga bulan hingga bulan April mendatang.

“Peranan relawan demokrasi ini nantinya akan dilakukan pembekalan terlebih dahulu sehingga nantinya dalam kerja nyatanya, para relawan ini akan bertugas membantu KPU dalam meningkatkan demokrasi di Kabupaten Sampang, baik kualitas maupun kuantitas yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi nanti,” tambahnya.

Para relawan itu diharapkan dapat memberikan edukasi dan penguatan terhadap segmen masyarakat yang tersebar di 14 kecamatan, yang secara langsung belum disentuh oleh KPU Kabupaten Sampang.

“Kami harap semua relawan demokrasi mampu menyisir semua segmen masyarakat yang ada, sehingga dapat meningkatkan kualitas demokrasi yang lebih baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Mim ini menjelaskan, relawan demokrasi yang dipastikan lulus, nantinya akan tersebar di 14 kecamatan dengan jumlah yang berbeda, tergantung dari tingkat kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia yang ada.

“Ada yang 4 sampai 6 orang di setiap kecamatannya, kita pelajari terlebih dahulu tingkat keperluan tenaga yang ada,” tandasnya. (awe/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *