Remisi Napi di Rutan Kelas II B Sumenep Belum Bisa Diakses

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) TIDAK VALID: Adanya perubahan sistem pengajuan remisi narapidana, mengakibatkan jumlah pengajuan belum bisa terakses.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Remisi 17 Agustus atau peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sumenep belum jelas. Sebab, data pengajuan 151 narapidana belum valid. Hal ini diungkapkan Humat Rutan Kelas II B Sumenep Febianto, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, tahun ini ada perubahan sistem atau prosedur pengajuan. Sehingga, tidak bisa memastikan maupun menyebutkan jumlah napi yang akan mendapatkan remisi. “Berbeda sekarang masih proses upload ke sistem, baru tanggal 2 Agustus mendatang sudah ada jumlah yang diajukan, dan pada tanggal 15 informasi yang bakal dapat remisi,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan, secara umum setiap hari ada pengajuan. Apalagi, yang dilayani tidak hanya rutan di Sumenep. Sehingga, untuk jumlah yang diajukan tidak bisa diakses sebelum tanggal yang sudah ditentukan. Namun, kriteria untuk mendapatkan remisi sudah ada inkrahnya. Sehingga, bagi napi yang belum diputuskan, maka akan mendapatkan remisi susulan jika memungkinkan.

Bahkan, beragam durasi remisi yang diperoleh setiap tahanan. Mulai dari 2 hingga 6 bulan, tetapi untuk yang 6 bulan dikhususkan bagi napi yang sudah menjalani kurungan diatas 10 tahun dan bukan kasus narkoba, korupsi, serta penjualan manusia. “Bisa jadi yang mendapatkan remisi bisa langsung bebas, misalnya mendapatkan dua bulan dan rentan waktu sampai bulan 10 ya bisa bebas. Karena remisi ini memang harapan dari napi. Apalagi napi petugasnya pun tidak akan betah di sini,” tuturnya.

Sedangkan, bagi napi yang sudah mendapatkan remisi kemudian melakukan beberapa pelanggaran dipastikan waktu remisi tetap utuh, hanya saja akan mendapatkan sanksi. Seperti, di sel dan lain sebagainya. “Ya, remisi ini diperoleh dua kali setahun, hari raya Imlek, Idul Fitri pokoknya hari raya umat Islam, kristen dan yang lainnya, dan yang kedua Agustus dalam rangka HUT RI,” tukasnya. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *