oleh

Rencana Kabupaten Sumenep Sebagai Wisata Kota Tua Belum Jelas

Kabarmadura.id/SUMENEP-Wisata pendidikan di Sumenep masih terbilang minim. Pasalnya objek pariwisata yang masih tergolong memiliki nilai pendidikan dan sarat dengan muatan sejarah kerajaan adalah bangunan tua di Kecamatan Kalianget.

“Kalau (wisata, red) berbasis pendidikan baru dirintis kemarin. Rencananya di Gersik Putih, Gapura. Pendidikan penggaraman maksudnya, wisata sekaligus pendidikan pembuatan penggaraman,” jelas Plt Kepada Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Sumenep Imam Buchori,  Selasa (14/5).

Imam menambahkan bahwa  wisata berbasis pendidikan pegaraman ini  akan dipadukan dengan wisata kota tua yang ada di Kecamatan Kalianget. Akan tetapi, semua itu masih dalam proses. Butuh proses lama untuk merealisasikan paket wisata tersebut.

Di sisi lain, masih belum  ada target yang jelas kapan paket wisata tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat, baik di Gersik Putih maupun di Kalianget. Sekarang masih proses Mou dengan berbagai pihak yang bersangkutan, terutama PT Garam.

Wisata kota tua yang dimaksud adalah peninggalan berupa bangunan-bangunan rumah penduduk pada masa pemerintahan Hindia-Belanda yang ada di sepanjang jalan Kalianget. Disana masih terlihar kukuh bangunan dengan arsitektur khas Belanda.

Selain itu, suasana di sekitar bangunan tua itu masih terbilang bagus segingga akan membuat pengunjung betah. (mad/rei

Komentar

News Feed