Rencana Pembangunan Pasar Kolpajung Tidak Jelas Kepastiannya

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) KUMUH: Kondisi Pasar Kolpajung di Jalan Ronggosukowati Pamekasan belum direnovasi sehingga over kapasitas.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan merencanakan akan membangun kembali Pasar Kolpajung. Pembangunan tersebut merupakan program Kementerian Perdagangan. Namun hingga saat ini rencana tersebut hanya sebatas rencana.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Pamekasan Ahmad Sjaifuddin menjelaskan, rencana pembangunan Pasar Kolpajung sudah lama, namun hingga saat ini belum terealisasi karena beberapa faktor, di antaranya karena wabah Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Rencana pembangunan Pasar Kolpajung progresnya masih stagnan,” ucapnya. (10/1/2021)

Pembangunan tersebut diperkirakan akan menelan biaya lebih dari Rp100 miliar yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Kendati begitu, pihaknya mengaku baru menyelesaikan dokumen pendukung prasyarat.

Sebab menurutnya, pembangunan ini membutuhkan banyak syarat seperti sertifikat tanah atas nama Pemkab, perencanaan teknis, kesiapan tempat, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan analisis  dampak lalu lintas (andalalin), dan lainnya. Yang belum lengkap yaitu amdal dan andalalin.

“Sekarang ini penyusunannya sudah selesai. Tinggal sidang untuk mengeluarkan izinnya. Apakah dokumennya itu sudah memenuhi syarat atau tidak,” terangnya.

Pemenuhan sejumlah prasyarat tersebut menurutnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga memakan biaya. Sehingga pembangunan yang sempat dikabarkan akan dibangun pada bulan Agustus 2020 lalu harus stagnan hingga saat ini.

Jika amdal, andalalin, dan dokumen lingkungannya sudah terpenuhi, pihaknya akan menembus pihak Kementerian Perdagangan bahwa pihaknya telah siap dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Pihaknya mengaku tidak bisa menarget kapan pembangunan bisa dilakukan. Namun pihaknya berharap bisa secepatnya.

Meski begitu, menurut Ahmad, pembangunan Pasar Kolpajung telah terencana di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pamekasan 2018-2023. Karena hal itu juga merupakan syarat yang harus terpenuhi bahwa pembangunan sudah masuk dalam RPJMD.

Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Ali meminta Pemkab bekerja cepat dalam rencana pembangunan Pasar Kolpajung. Sebab pasar yang terletak di Jalan Ronggosukowati itu sudah sangat kelebihan kapasitas dan tidak baik untuk kesehatan masyarakat, terlebih saat wabah Covid-19.

“Saya berharap segera dieksekusi. Kan dananya dari APBN. Bisa cepat dong,” tukasnya. (ali/km58)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *