Rencana PPP Geser Posisi Fathor Rahman dari Ketua DPRD Pamekasan Belum Ditindaklanjuti

(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) HANYA BELUM SAJA: Setelah PPP menyatakan akan mengganti Fathor Rahman ke Halili di posisi ketua DPRD Pamekasan, belum ada tindak lanjut teknisnya.

KABARMADURA.ID | PAMEKASANRencana Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merotasi jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan belum sampai ke meja pimpinan DPRD Pamekasan.

Sejauh ini, atau setelah pimpinan DPRD Pamekasan menyurati setiap ketua fraksi tentang komposisi rotasi alat kelengkapan dewan (AKD) pada awal Mei 2022, baru ada satu partai yang menyetorkan komposisi rotasi itu, yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman mengaku belum menerima surat tembusan perubahan komposisi ketua DPRD dan ketua AKD dari Fraksi PPP DPRD Pamekasan. Sehingga jadwal paripurna perubahan rotasinya pun belum diagendakan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Pamekasan.

Bacaan Lainnya

“Kami masih belum menerima rekomendasi dari PPP,” tutur Fathor Rahman.

Sedangkan untuk rotasi AKD di DPRD, diperlukan beberapa tahapan, di antaranya, penyerahan rekomendasi rotasi dari semua partai yang mempunyai kursi di legislatif, dimasukan pada agenda sidang paripurna oleh bamus, dan dilakukan tiga kali sidang paripurna.

“Kekuatan penuhnya ada di ketua fraksi masing-masing, bamus itu hanya menjadwalkan, ketika sudah dijadwalkan nanti, kita pelaksanaannya, di sidang paripurna, posisinya sudah ada, cuma di sidang paripurna itu yang pertama penentuan, kedua pemilihan pimpinan AKD, dan paripurna ketiga penetapan,” urai legislator yang posisinya akan digantikan itu.

Ketua DPC PPP Pamekasan RPA Wazirul Jihad mengakui belum menyetor rekomendasi rotasi ketua DPRD dan pimpinan AKD. Alasannya, masih ta’aruf dengan pengurus baru. Namun ditegaskan bahwa akan ditinaklanjuti dalam waktu dekat. Sebab, rekomendasi rotasi itu telah turun dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP.

“Karena ini amanah, wajib kami laksanakan, jadi tanggung jawab pengurus DPC yang baru untuk melaksanakan apapun tahapan dan rekomendasi,” ungkapnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.