Rencanakan Bangun Gedung Perpustakaan Baru, DPK Pamekasan Usulkan DAK Rp10 M

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) GEDUNG LAMA TIDAK MEMADAI: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan merencanakan pembangunan gedung perpustakaan menggunakan DAK sebesar Rp10 M.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Pamekasan merencanakan pembangunan gedung perpustakaan pada tahun 2022 mendatang. Lokasi gedung baru itu direncanakan masih satu area dengan gedung perpustakaan lama.

Kepala DPK Pamekasan Prama Jaya mengatakan, rencana pembangunan itu telah diusulkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2022. Pihaknya menganggarkan Rp10 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Untuk bisa mendapatkan DAK tersebut, pihaknya perlu memenuhi beberapa syarat antara lain penyusunan detail engineering design (DED). Sementara itu, Tim Anggaran (Timgar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah memenuhi usulan anggaran untuk DED sebesar Rp125 juta.

“Usulan itu sudah diterima di PAK 2021. DED itu menjadi persyaratan untuk usulan DAK ke pemerintah pusat,” terang Prama.

Prama juga menjelaskan, anggaran Rp10 miliar tersebut hanya untuk pembangunan gedung. Sebab menurutnya, masyarakat Pamekasan memerlukan gedung perpustakaan yang lebih representatif, agar pengunjung lebih nyaman. Ia menilai, gedung yang ada selama ini tidak memadai dalam menampung jumlah pengunjung. “Tapi ini hanya usulan. Yang penting syaratnya sudah kita penuhi,” ungkap Prama.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Khomarul Wahyudi bersyukur dengan dipenuhinya usulan DPK untuk mendapatkan anggaran DED sebesar Rp125 juta. Dengan begitu, ia berharap. usulan DAK Rp10 miliar juga dapat dipenuhi. Sebab menurutnya, kapasitas perpustakaan daerah (perpusda) Pamekasan tidak memadai.

“Usulan anggaran Rp125 juta itu untuk memancing agar dapat DAK yang Rp10 miliar. Awalnya tidak terima usulan itu,” ungkap pria yang kerap dipanggil Wahyudi itu.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *