Rencanakan Revitalisasi Terminal Tipe C di Bangkalan

  • Whatsapp
KM/HELMI YAHYA- KUMUH: Terminal Tipe C di Kelurahan Bancaran Bangkalan akan dibangun ulang tahun 2022 nanti.

Kabarmadura.id-BANGKALAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, merencanakan revitalisasi pada Terminal Tipe C yang berada di Kelurahan Bancaran. Terminal yang sebelumnya terbengkalai lama, dijanjikan diperbaiki tahun 2022 nanti. Tujuannya, untuk memberikan dan mendukung fasilitas tempat wisata.

Salah satu warga Bancaran Imam Muzanni menyampaikan, keadaan Terminal Bancaran sudah usang. Bahkan, kerap kali diisukan menjadi tempat hiburan malam. Sehingga, sering membuat warga kesal dan bermasalah dengan warga setempat.

“Terminal ini dulunya ramai, tapi semenjak dibiarkan lokasinya menjadi tempat bebas,” ujarnya, Minggu (1`2/9/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Muawi Arifin mengakui, kondisi Terminal Tipe C sudah tidak layak digunakan dan kumuh. Sehingga, perlu dilakukan revitalisasi. “Kondisinya saat ini memang sudah tidak bagus, makanya kami berencana mengusulkan revitalisasi,” responnya.

Bahkan, sesuai rencana akan mengaktifkan kembali terminal. Sehingga bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. “Setidaknya nanti akan berpeluang besar mendongkrak kembali perekonomian warga. Jika terminal itu, diaktifkan lagi,” terangnya.

Muawi menuturkan, revitalisasi akan dilakukan tahun 2022. Pihaknya saat ini tengah mengajukan persiapan dan rancangan terminal tersebut. Sebab, nanti juga akan dimanfaatkan sebagai fasilitas parkir wisata untuk ke mangrove.

“Nanti kami akan desain untuk fasilitas parkir untuk wisata di dekat terminal,” paparnya.

Menurutnya, revitalisasi kemungkinan membutuhkan biaya cukup besar. Sehingga pendanaannya akan diajukan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Meskipun perkiraan anggaran pembiayaannya belum selesai dirancang. “Kami akan ajukan ke pusat, karena kalau ke daerah kemungkinan tidak cukup,” pungkasnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *