Renovasi 6 Pasar Digerojok Rp24 M

  • Whatsapp
KM/FA'IN NADOFATUL M. KUMUH: Pasar Socah merupakan salah satu pasar tradisional di Kabupaten Bangkalan yang mendapat kucuran dana pembangunan senilai Rp1,5 miliar

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pemerintah Kabupaten Bangkalan mengucur dana fantastis untuk membangun 6 pasar yang ada di wilayah setempat. Tidak tanggung-tanggung, pemkab akan mengeluarkan dana hampir Rp24 miliar untuk melakukan renovasi pada 6 pasar tersebut.

Kepala Bidang pengelolaan pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Bangkalan Sutanto mengatakan, dana untuk renovasi ke 6 pasar tersebut tidak hanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan.

Sutanto mengatakan, sumber dana dan jumlah anggaran renovasi sejumlah pasar tersebut bervariasi. Diungkapkannya, untuk Pasar Tanah Merah yang digerojok Rp20 miliar, dananya bersumber dari Bantuan Khusus Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pasar Socah dan Kwanyar masing-masing Rp1,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Baru kemudian Pasar Bancaran Rp200 juta, Pasar Langkap Rp525 juta dan Pasar Tanjung Bumi senilai Rp200 juta, bersumber dari APBD,” katanya, Senin (8/7).

Sutanto menambahkan, dirinya menargetkan renovasi sejumlah pasar selesai pada akhir tahun 2019. Selain itu, pihaknya berharap proses renovasi pasar tersebut berjalan sesuai rencana dan selesai tepat waktu.

pihaknya mewanti-wanti agar selesai dibangun, enam pasar tersebut menjadi pasar yang ramah lingkungan, sehingga para pedagang bisa menempati pasar kembali dan saat proses pembangunan tidak merugikan bagi masyarakat Bangkalan.

“Untuk Pasar Tanah Merah, Kwanyar dan Socah target selesai bulan Desember. Sedangkan pasar Bancaran, Langkap dan Tanjungbumi ini target selesai bulan November,” ujarnya.

Saat ini proses pembangunan di pasar Tanah Merah  sudah dimulai pada tahap perencanaan dan sedang dilakukan tahap kontrak pengawasan. Begitu juga dengan pasar Socah dan Kwanyar, sudah dalam tahapan perencanaan. Sehingga menurut Sutanto, tinggal pelaksanaan renovasi pasar. 

Dikatakannya, ke 6 pasar tersebut, tidak semua akan dirombak atau direnovasi total. Renovasi total hanya akan dilakukan di pasar Tanah Merah. Sedangkan 5 pasar lainnya hanya berupa renovasi sebagian yang rusak dan perlu dibangun kembali.

“Tidak semua direnovasi total, yang direnovasi total hanya pasar Tanah Merah. 5 pasar lainnya hanya direnovasi sebagian saja,” tukasnya. (ina/pin) 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *